Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Satpol PP Bongkar Lapak Pedagang di Kawasan Kanjengan Semaranvg

Kompas.tv - 28 April 2023, 16:02 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG,KOMPAS.TV – Dengan menggunakan armada truk pengangkut, pada Jumat (28/04/2023) pagi puluhan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang membongkar lapak pedagang yang ditinggalkan usai berjualan di tepi Jalan Kanjengan Semarang. Selain mengganggu arus lalu lintas, puluhan lapak yang ditinggalkan pedagang tersebut, dinilai membuat Kawasan Kanjengan Semarang, tampak kumuh.

Ratusan pedagang pancakan yang masih bertahan di Kawasan Jalan Kanjengan Semarang ini, rata-rata belum memiliki tempat di dalam Pasar Kanjengan yang dibangun Pemerintah Kota Semarang. Pasalnya, pedagang pancakan yang berada di jalan raya itu tidak diikutkan dalam undian yang dilakukan Dinas Perdagangan Kota Semarang.

Penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP Kota Semarang ini, akan terus dilakukan agar pedagang yang sudah memiliki tempat bisa menempati los yang sudah disiapkan di dalam Pasar Kanjengan Semarang.

“Setiap saat sudah kita tertibkan oleh Satpol PP, dan kebetulan Dinas Perdagangan juga mau menempati di bagian pojok, namun pedagang masih saja tetap buka seenaknya sendiri, dan ada sebagian pedagang, ada yang sudah dapat di Kanjengan tapi masih tidak mau menempati,” ucap Fajar Purwoto, Kepala Satpol PP Kota Semarang.

Namun penertiban yang dilakukan oleh petugas, ditentang oleh salah satu pedagang yang mengaku setiap harinya harus menyetor uang keamanan sebesar Rp 13.000,-.

“5.000, 3.000 lalu 1.000, seribu dan seribu totalnya Rp 13.000 setiap harinya, dimintai oleh pak Budi (keamanan). Kalau tidak bayar jangan jualan di sini,” ujar Sumaryati, pedagang pancakan.

Sementara itu, salah satu pedagang yang masih bertahan di Los Pasar Kanjengan Semarang mengaku, sudah hampir 1 tahun sejak diresmikan, hanya sebagian pedagang yang mau menempati los yang sudah dipetakan. 

“Sudah berdagang 1 tahun, masih santai-santai saja belum ada orang masuk (belum pedagang yang menempati) dan belum ada pembeli yang mengunjungi, harapannya penuh pada beli di sini dan laku terus,” kata Sumiyati, pedagang Los Kanjengan.

Penertiban yang dilakukan oleh petugas ini, sebagai langkah untuk menghidupkan kondisi pasar kanjengan yang sudah difungsikan. Untuk pedagang yang berada di jalananan yang ada di Kawasan Kanjengan Semarang, petugas menghimbau pedagang yang sudah mendapat tempat, untuk segera menempati lapak jualannya yang berada di dalam Pasar Kanjengan Semarang.

#pedagang #pasarkanjengan #satpolpp 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x