Kompas TV regional papua maluku

Koarmada III Gerak Cepat Bantu Kecelakaan Laut Kapal MV Indian Partnership

Kompas.tv - 26 April 2023, 17:05 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

RAJA AMPAT, KOMPAS.TV - TNI Angkatan Laut Komando Armada III dikerahkan untuk membantu kapal karam di Perairan Misool, Raja Ampat, Papua Barat Daya. Kapal Kargo MV Indian Partnership mengalami kebocoran pada saat melakukan pelayaran dan melintasi alur laut Kepulauan Indonesia.

Salah satu unsur Koarmada III yang diperintahkan untuk membantu Kapal Kargo MV Indian Partnership yang mengalami kebocoran di Perairan Misool, Raja  Ampat adalah KRI Mata Bongsang-873.

Diketahui Kapal MV Indian Partnership yang bertolak dari Pelabuhan Australia menuju China dengan muatan bauksit atau bahan mentah yang diolah menjadi smelter yang selanjutnya menghasilkan aluminium  berjumlah 178.087 ton.

Dalam kapal tersebut terdapat 22 orang ABK dari Warga Negara Asing, yang terdiri dari India, Russia, Myanmar Ukraina, Turki, China dan Vietnam.

Sementara itu pihak kapal tengah menunggu mekanik untuk melakukan perbaikan kapal, dengan melibatkan penyelam yang memiliki lisensi untuk mengetahui prosedur perbaikan kapal tersebut, agar tidak merusak lingkungan.

Terkait dengan jalur lintas kapal tersebut, Komandan Lantamal XIV Sorong mengatakan sesuai dengan aturan hukum Laut Iinternasional telah dijelaskan ada hak lintas alur Laut Kepulauan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x