Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Serahkan 9.561 SK Remisi Khusus Kepada Narapidana Lapas/Rutan di Sumsel

Kompas.tv - 22 April 2023, 18:03 WIB
kakanwil-kemenkumham-sumsel-serahkan-9-561-sk-remisi-khusus-kepada-narapidana-lapas-rutan-di-sumsel
Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya Saat Menyerahkan Remisi Khusus Kepada Narapidana di Rutan Kelas I Palembang, Sabtu (22/4/2023). (Sumber: Humas Kanwil Kemenkumham Sumsel)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Minggu, 22 April 2023 atau bertepatan dengan 1 Syawal 1444 Hijriah umat muslim merayakan kemenangan (lebaran Idul Fitri) setelah sebulan lamanya berpuasa, hal yang sama juga dirasakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas, Rutan, LPKA yang beragama Islam.

Tidak kalah spesial, hari Idul Fitri juga dinanti oleh WBP di Sumsel karena dibagikannya Surat Keputusan Remisi (pemotongan masa pidana), yang dalam hal ini langsung dibagikan secara simbolis oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel,  Dr. Ilham Djaya terpusat di Rutan Kelas I Palembang, Sabtu (22/4/2023).

"Total 9.561 orang narapidana dan anak didik Pemasyarakatan di Sumsel yang mendapat remisi. SK remisi juga dibagikan secara serentak oleh Kepala Lapas, Rutan, dan LPKA di wilayah masing-masing", kata Kakanwil Ilham Djaya.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengatakan remisi merupakan hak WBP yang diatur dalam Undang-undang nomor 12 tahun 2022 tentang pemasyarakatan, yang merupakan capaian terbaik jajaran Kemenkumham dalam perumusan kebijakan guna memasuki era baru Pemasyarakatan.

“Remisi adalah apresiasi negara terhadap WBP atas capaiannya karena telah berkelakuan baik selama menjalani masa pidana. Semoga dengan remisi ini WBP selalu taat aturan, menyadari kesalahannnya, memperbaiki diri, menjadi insan yang baik dan berguna selama dan setelah menjalani masa pidana,” kata Kakanwil Ilham membacakan sambutan Menkumham pada acara itu.

Lebih lanjut, Pemberian remisi ini diharapkan dapat dijadikan sebagai renungan dan motivasi bagi para Narapidana untuk selalu intropeksi diri dan berusaha untuk terus menjadi lebih baik kedepannya.

"Pencapaian ini membuktikan bahwa para narapidana mampu mengubah diri menjadi manusia yang lebih baik daripada sebelum menjalani pidana", baca Ilham Djaya.

Untuk diketahui, jumlah penghuni Lapas dan Rutan Se-Sumatera Selatan per 22 April 2023 ini adalah sejumlah 16.058 orang dengan jumlah Narapidana 13.654 orang dan tahanan 2.404 orang dengan kapasitas jumlah hunian Lapas/Rutan yang ada di Sumatera Selatan sejumlah 6.605 orang.

Adapun jumlah napi/anak didik yang paling banyak mendapatkan remisi berasal dari Lapas Kelas I Palembang sebanyak 1.302 WBP, Lapas Kelas IIA Banyuasin (928 WBP), Lapas Kelas IIB Sekayu (764 WBP), Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin (735 WBP), Lapas Kelas IIA Lubuklinggau (712 WBP), serta Lapas Kelas IIA Muara Beliti sebanyak 646 WBP.

"Lalu sebanyak 86 orang WBP mendapat Remisi Khusus II langsung bebas, terbanyak yaitu 12 orang WBP dari Lapas Narkotika Muara Beliti dan masing-masing 10 orang WBP dari Lapas Banyuasin dan Lapas Narkotika Banyuasin," papar Ilham.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya berharap para WBP dapat mengikuti dengan baik program-program pembinaan selama menjalani sisa pidana, sehingga setelah bebas nanti para WBP dapat menjadi lebih baik dan tidak mengulangi kembali kesalahannya.

"Selamat merayakan Hari Raya Idulfitri 1444 H, selamat merayakan kemenangan, khususnya bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan muslim se-Sumatera Selatan," tutup Ilham.



Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x