Kompas TV regional jabodetabek

Terungkap, Alasan Anies Baswedan Tidak Salat Idulfitri di JIS

Kompas.tv - 22 April 2023, 10:37 WIB
terungkap-alasan-anies-baswedan-tidak-salat-idulfitri-di-jis
Mantan Gubernur Anies Baswedan berbicara dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sebelum menunaikan ibadah shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta pada Sabtu (22/4/2023) (Sumber: ANTARA/Desca Lidya Natalia)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anies Baswedan menjelaskan dirinya memilih melaksanakan salat Idulfitri 1444 H di Masjid Istiqlal Jakarta, dikarenakan di Jakarta International Stadium  (JIS) pada tahun ini tidak digunakan untuk salat Id.

"Karena tidak ada (shalat Idul Fitri) di JIS, kalau ada di JIS salat di sana," kata Anies Baswedan di Masjid Istiqlal Jakarta, Sabtu (22/4/2023) dikutip dari Antara.

"Kami bersyukur, kami sekeluarga bisa bersama-sama mengikuti salat Id di Masjid Istiqlal ini khusyuk dan pesannya bagus sekali, pesan saling memaafkan dan pesan untuk saling menjaga persatuan. Insyaallah itu yang akan menjadi pesan untuk kita semua dan kita bawa," ungkap Anies.

Selain itu, Anies juuga tidak menyebut siapa pejabat yang akan ia datangi untuk silaturahim pada Idul Fitri ini.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Salat Idulfitri di Masjid Al Jabbar akan Dijadikan Tradisi

"Sekarang kumpul dulu dengan keluarga di rumah, setelah dengan keluarga semua baru deh kita muter satu per satu. Fleksibel kok kita, tapi Pak Surya (Paloh) sedang tidak lagi di sini," ungkap Anies.

"Alhamdulilah kita bersyukur hari ini bisa sama-sama menunaikan shalat Idul Fitri, insyaallah ibadah kita di bulan suci Ramadhan kemarin diterima dan dilipatgandakan pahalanya. Izinkan kami menyampaikan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah mohon maaf lahir dan batin tawabballuhu minna wa minkum Insyaallah ini menjadi awalan kita semakin baik di hari-hari kemudian," tambah Anies.

Perlu diketahui Anies Baswedan diketahui menunaikan salat Idul Fitri 1443 Hijriah pada 2 Mei 2022 di Jakarta International Stadium (JIS). 

Selain itu, ia juga menggelar shalat Idul Adha 2022 di lokasi yang sama.

Namun pada tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak menyelenggarakan shalat Idul Fitri di JIS karena shalat Id akan dilaksanakan di Balai Kota DKI Jakarta.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan tidak ada shalat Idul Fitri di JIS karena banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI yang menginginkan salat di Balai Kota.

Baca Juga: Anies Ucapkan Selamat kepada Ganjar yang Ditunjuk sebagai Capres PDIP



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x