Kompas TV regional berita daerah

Isu Penolakan Salat Id Muhammadiyah di Sukabumi, Wali Kota Berikan Klarifikasi

Kompas.tv - 18 April 2023, 14:35 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Usai ramainya pemeberitaan isu penolakan permohonan Muhammadiyah melaksanakan salat Idul Fitri, Pemerintah Kota Sukabumi langsung mengadakan pertemuan dengan Pimpinan Dewan Muhammadiyah, yang dilakukan di Balai Kota Sukabumi secara tertutup.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengaku kaget dengan adanya pemberitaan penolakan izin salat Idul Fitri di Lapang Merdeka bagi warga Muhammadiyah. Ia juga membantah adanya penolakan hingga larangan.

Isu tersebut muncul berawal saat Pimpinan Daerah Muhammadiyah mengirim surat permohonan izin untuk melaksanakan salat Idul Fitri di Lapang Merdeka.

Kemudian surat itu dibalas oleh Pemda sesuai dengan surat yang tersebar di media sosial.

Sebetulnya surat tersebut tidak ada penolakan, namun Pemerintah Daerah akan melaksanakan salat Idul Fitri di Lapang Merdeka menunggu ketetapan dari Pemerintah.

Pertemuan itu berlangsung baik dan menunjukkan keakraban serta kekerabatan antar kedua belah pihak.

Sementara itu, Pimpinan Dewan Muhammadiyah Ade Rahmatullah, juga mengaku kaget saat adanya pemberitaan tersebut.

Menurut Ade, awalnya memang berencana akan melaksanakan salat Idul Fitri di Lapang Merdeka. Namun kemudian menggunakan plan B yaitu bertempat di Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Kesepakatan dibuat usai pertemuan, wali kota ingin memfasilitasi, hanya memang menunggu waktu sampai ada keputusan dari Pemerintah tentang pelaksanaan salat Idul Fitri.

Pemerintah Kota juga akan menginisiasi bahwa Jalan Syamsudin akan ditutup untuk memfasilitasi salat Idul Fitri di kampus dan depan jalan.

Baca Juga: Mahfud MD Soal Polemik Izin Salat Id Muhammadiyah di Lapangan Merdeka Sukabumi

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x