Kompas TV regional jabodetabek

Polri akan Terapkan Polisi RW Polda Metro Jaya ke Seluruh Indonesia

Kompas.tv - 13 April 2023, 14:45 WIB
polri-akan-terapkan-polisi-rw-polda-metro-jaya-ke-seluruh-indonesia
logo Polri (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk meningkatkan intensitas komunikasi antara penegak hukum dan warga, Polri akan mengadopsi program Polisi RW Polda Metro Jaya ke seluruh Indonesia.

"Betul saat ini program Polisi RW yang dilaksanakan Polda Metro Jaya menjadi percontohan seluruh Polda se-Indonesia," kata Direktur Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Metro, Kombes Pol Badya Wijaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (13/4/2023) dikutip dari Antara.

"Baharkam Polri sedang melaksanakan studi banding tentang pelaksanaan Polisi RW di wilayah Polda Metro Jaya dan mengunjungi Polsek Tambora sebagai 'pilot project' (proyek percontohan) dari program baru ini," tambahnya.

Ia menyebukan, sebanyak 34 Direktur Binmas Polda Se-Indonesia pada Rabu (12/4) hadir langsung mengunjungi Polsek Tambora, Jakbar untuk mempelajari Program Polisi RW ini.

Baca Juga: Penampakan Ibu Drajat yang Teriak Panggil Kapolri Tiba di Bareskrim

Ia juga menyebutkan, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto juga berkeinginan (commander wish) dan disampaikan kepada anggota pada Senin (10/4) berkomitmen melaksanakan program yang digagas oleh Kapolda sebelumnya itu.

"Kapolda Metro Jaya yang baru dalam arahan kepada kami juga meminta untuk dilaksanakan penguatan pada program Polisi RW ini sebagai tindak lanjut atas perintah Kapolri. Pak Kapolda Metro sudah memberikan perintah saat 'commander wish' beliau di awal menjabat," tambahnya.

Program Polisi RW merupakan program menghadirkan polisi di tiap-tiap RW untuk membangun interaksi positif yang konsisten antara polisi dan masyarakat.

Polisi RW bertugas sebagai petugas penghubung (liaison officer/LO) Polri di tiap RW.

"Polisi RW itu seperti LO saja, jika dia tidak mampu mengatasi masalah yang ada sendiri, maka dia wajib meneruskan permasalahan yang dilaporkan warga ke Polsek atau Polres untuk diselesaikan segera oleh Polsek atau Polres," kata Badya.

Baca Juga: Antisipasi Penipuan, Polisi Cek Kode QR Masjid



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x