Kompas TV regional bali nusa tenggara

Masjid Kuna Keramat, Masjid Pertama Di Buleleng

Kompas.tv - 12 April 2023, 13:46 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BULELENG, KOMPAS TV - Masjid Kuna Keramat Singaraja, berada di Jalan Hasanudin, Kelurahan Kampung Kajanan, Buleleng, Bali. Masjid ini, merupakan masjid pertama di Buleleng. Diperkirakan telah dibangun pada tahun 1654 Masehi.

Diperkirakan, pembangunan masjid ini diawali oleh adanya para pedagang muslim yang sandar di Pelabuhan Buleleng, Bali. Hal ini dapat dibuktikan dengan letak masjid yang hanya berjarak 200 meter dari pelabuhan dan berada di sisi barat Sungai atau Tukad Buleleng. 

Pendirian Masjid Kuna Keramat ini,  juga tidak lepas dari peranan Kerajaan Buleleng, pada masa itu. Berbagai peninggalan dengan ornamen Hindu Bali,  seperti pintu masjid dan mimbar khotif, merupakan pemberiana dari Raja Buleleng. Selain itu,  berbagai benda peninggalan bercorak Persia, Bugis, dan Cina yang masih tersimpan di Masjid Kuna Keramat, diantaranya cangkir keramik, peci sorban dan tongkat khotib, 

Masjid Kuna Keramat, yang kini berada di tengah pemukiman padat penduduk ini,  telah mengalami dua kali renovasi yakni pada tahun 1976 dan tahun 2019. 

Benda-benda bersejerah yang ada di Masjid Kuna Keramat, menjadi bukti jejak alturasi multi entis telah terjadi di Buleleng, Bali, sejak masa lampau. Kedepannya,  Takmir Masjid Kuna Keramat akan mendirikan museum, sebagai tempat penyimpanan benda kuno peninggalan masjid. Terkhusus untuk mimbar khotib, berencana direstorasi seperti aslinya dan kembali difungsikan sebagaimana mestinya. 

 

 

 

 

 

 

 

#masjidkunakeramat  #masjidpertama  #buleleng



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x