Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Gibran-Dico Terfavorit Pilihan Anak Muda Pimpin Jateng

Kompas.tv - 10 April 2023, 13:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Hasil survei peluang pemimpin muda dalam Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024 mendatang yang dilakukan oleh AKSARA di awal tahun ini menunjukkan bahwa pasangan pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Dico Ganinduto menjadi pasangan yang difavoritkan oleh para pemilih muda.

Namun, dari akademisi menanggapi bahwa peluang para tokoh muda di Pilkada 2024 mendatang tidaklah mudah.

Pada diskusi yang digelar Komunitas Transformasi Kota (KOTTA) dengan tema Peluang Pemimpin Muda dalam Pilkada Jateng 2024, Direktur Eksekutif AKSARA dan Consulting, Hendri Kurniawan mengungkapkan, hasil survei yang dilakukannya pada awal tahun 2023 ini, pasangan Gibran dan Dico tertinggi pertama sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024 mendatang.

Selanjutnya, urutan kedua yakni pasangan Hendrar Prihadi dengan Taj Yasin. Dan ketiga, yakni Gibran Rakabuming Raka dengan Hendrar Prihadi. Survei dilakukan terhadap kalangan milenial dan gen Z, yakni responden di Jawa Tengah yang berusia 17 hingga 39 tahun.

“Dari hasil simulasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, peringkat tertingginya adalah pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Dico Ganinduto,” kata Hendri Kurniawan.

Namun, dari pihak akademisi menyatakan bahwa peluang para tokoh muda di Pildaka 2024 mendatang tidaklah mudah. Hal itu karena mereka harus bersaing dengan para politisi senior yang sudah lebih mapan dalam berpolitik.

“Kalau pun mereka ingin mengajukan dan ingin ikut terlibat dalam proses Pemilu, mereka harus melakukan negosiasi dengan existing power yang sudah ada,” ujar Retna Hanani, Dosen Fisip Undip.

Diskusi umum ini sebagai bentuk keresahan masyarakat terkait lemahnya komunikasi antara pemimpin dan masyarakat. Dan pemimpin muda mampu berkomunikasi melalui media sosial sehingga persoalan di masyarakat bisa lebih mudah terselesaikan.

#gibranrakabumingraka #pilkada2024 #milenial



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x