Kompas TV regional jawa barat

Muhadjir Effendy: Bandara Kertajati Siap Beroperasi

Kompas.tv - 10 April 2023, 05:15 WIB
muhadjir-effendy-bandara-kertajati-siap-beroperasi
Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka. (Sumber: Kompas.id/Sharon Patricia)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

MAJALENGKA, KOMPAS.TV - Seiring dengan rampungnya jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau Cisumdawu, Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati yang berlokasi di Kabupaten Majalengka segera beroperasi. 

Dengan adanya Tol Cisumdawu, jarak dari Bandung ke Kertajati hanya sekitar 60 kilometer dari sebelumnya sekitar 160 km via Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Tol Cipali.

Dikutip dari Kompas.id, Minggu (9/4/2023), selain untuk penerbangan domestik, bandara ini juga akan melayani umrah, haji, dan menjadi bandara penghubung internasional.

"Bandara ini akan siap dioperasionalkan untuk kebutuhan publik. Paling dekat, untuk kepentingan jemaah umrah. Demikian juga haji. Dan, akan ada penerbangan reguler di tempat ini," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat meninjau Bandara Kertajati, Minggu (9/4/2023).

Muhadjir mengakui bandara yang pertama kali beroperasi 2018 itu belum maksimal melayani penumpang. Bahkan, bandara itu sempat mati suri sekitar dua tahun saat pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Detik-Detik Antonov 124-100, Pesawat Terbesar Dunia Mendarat di Bandara Kertajati

"Kenapa Kertajati ini ada keterlambatan dalam operasionalnya karena kemarin (masalah) akses untuk menuju ke Kertajati, terutama dari Bandung," katanya.

Sedangkan untuk akses menuju Bandara Kertajati akan lebih mudah dengan adanya Jalan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Jabar bagian selatan dengan utara. 

Menurut Muhadjir, Tol Cisumdawu segera beroperasi untuk menunjang keberadaan Bandara Kertajati. Oleh karena itu, diharapkan lebih banyak penumpang yang bisa dilayani di bandara tersebut.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, ia mengatakan Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar terhadap pengembangan Bandara Kertajati. 



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x