Kompas TV regional papua maluku

Kabupaten Tambrauw Belum Miliki Dokter Spesialis

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 17:12 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

TAMBRAUW, KOMPAS.TV - Dinas Kesehatan Kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya mengakui, tidak tersedia dokter spesialis di Kabupaten Tambrauw  hingga saat ini, padahal rawan penyakit serius yang idap masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tambrauw, Dokter  Lenny Hae  mengungkapkan, tidak terdapat dokter spesialis dan tenaga analis di daerah yang berpenduduk 31,385 jiwa. Biasanya pasien dengan penyakit serius dari Tambrauw di rujuk ke rumah sakit di Kota Sorong, sedangkan perjalanan darat ke dari Tambrauw ke Sorong ditempuh dengan waktu 6 jam.

Tambrauw merupakan salah satu dari lima Kabupaten di Provinsi Papua Barat Daya. Provinsi ini baru dimekarkan dari provinsi induk Papua Barat pada 9 Desember 2022.

Pemerintah Kabupaten Tambrauw berharap kementerian kesehatan segera menyediakan sumber daya manusia, khusus dokter spesialis dan analis di rumah sakit dan puskesmas setempat.

Sementara itu Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musaad merespon masalah tidak tersedianya tenaga kesehatan dokter spesialis di Tambrauw. Oleh karenanya saat ini pemprov akan bekerjasama dengan sejumlah universitas ternama di Indonesia untuk menyiapkan tenaga dokter spesialis ke Kabupaten Kota di Papua Barat Daya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x