Kompas TV regional berita daerah

Tumbuhkan Cinta Budaya Nusantara Lewat Pagelaran Tari

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 13:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV – Pagelaran tari, salah satu cara pihak sekolah SMP Negeri 13 Kota Semarang, Jawa Tengah, mengajarkan agar anak tetap mencintai seni budayanya sendiri. Selama ini pihak sekolah khawatir dengan masuknya budaya asing yang begitu mudah dan cepat ditiru oleh generasi muda. Padahal seni dan budaya nusantara sangat beragam dan banyak jumlahnya.

Supaya tertanam jiwa nasionalisme dalam mencintai budaya sendiri, pihak sekolah menggelar pagelaran seni yang diikuti oleh semua siswa.

“Seperti yang kita tahu, munculnya banyak budaya asing melalui media sosial yang sedikit banyak mempengaruhi anak-anak kita. Karena itu, kita antisipasi dengan cara lebih mengenalkan agar nanti lebih mencintai budaya kita sendiri,” ujar Darmaji, guru kesenian.

Secara bergantian, masing-masing kelompok membawakan tari daerah, baik tari Semarangan, tari Pendet, tari dari Aceh dan tarian tradisional nusantara lainnya. Terlihat siswa sangat antusias dan semangat membawakan tarian tradisional di halaman sekolah mereka.
#taritradisional #pagelaranseni #siswasmp



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x