Kompas TV regional kriminal

Polda Jateng Berhasil Tangkap Komplotan Spesialis Pecah Kaca Mobil, Total Kejahatannya Ratusan Juta

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 01:05 WIB
polda-jateng-berhasil-tangkap-komplotan-spesialis-pecah-kaca-mobil-total-kejahatannya-ratusan-juta
Direktur Reskrimum Kombes Pol Johanson Ronald Simamora (kiri bawah) didampingi Kabidhumas Kombes Pol Iqbal Alqudusy menanyakan aksi tersangka IIS saat rilis kasus di Mapolda Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). (Sumber: Dok. Humas Polda Jateng)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

SEMARANG, KOMPAS.TV - Tiga pelaku pencurian spesialis memecah kaca mobil berhasil diringkus jajaran Ditreskrimum Polda Jateng. 

Setelah diperiksa secara mendalam, komplotan yang berasal dari Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan ini ternyata tidak hanya melakukan aksi di wilayah hukum Polda Jawa Tengah. 

Mereka sudah melakukan aksi lintas provinsi, di antaranya di Pekanbaru, Riau pada September 2022, Karanganyar, Jawa Tengah di bulan Februari 2023, serta tiga lokasi di Jawa Barat selama rentang Januari hingga Februari 2023. 

Total hasil kejahatan dari enam tempat kejadian perkara (TKP) tersebut mencapai lebih dari Rp500 juta. Tiga pelaku pencurian spesialis pecah kaca mobil lintas provinsi tersebut yakni IPM alias Davit (31), S alias Lik Man (40), dan EI alias IIS. 

Baca Juga: Pengendara Mobil di Jaksel Jadi Korban Perampokan Modus Pecah Kaca, Pelaku Rampas Barang Korban

Direktur Reskrimum Kombes Pol Johanson Ronald Simamora menjelaskan, penangkapan komplotan pencurian dengan pemberatan (Currat) dengan modus memecah kaca mobil itu berawal dari laporan korban atas nama Kuswinto (40), karyawan honorer asal Brebes.

Korban melaporkan telah mengalami kerugian Rp180 juta. Uang tersebut baru saja diambil dari BRI cabang Brebes. 

Dalam melakukan aksinya, ketiga pelaku pencurian yang kini menjadi tersangka ini punya peran masing-masing. Sasarannya adalah nasabah bank yang baru mengambil uang. 

"Jadi ada yang bertugas memilih dan mengawasi nasabah calon korban, ada yang mengalihkan perhatian tukang parkir dengan diajak ngobrol, dan ada eksekutor yang memecah kaca mobil korban untuk mengambil barang," ujar Johanson saat jumpa pers di Mapolda Jateng, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga: Penipuan Robot Trading, Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo Ditangkap di Sebuah Hotel!

Johanson menambahkan, setelah mendapatkan calon korban para tersangka ini membuntuti korban.

Setibanya di sebuah rumah makan daerah Randugunting Brebes, korban turun untuk makan, sedangkan uang disimpan dalam tas warna hitam dan ditaruh di posisi tempat duduk sebelah samping kemudi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x