Kompas TV regional berita daerah

Pembuatan SKK/SKKTK Kini Bisa Dilakukan di Kabupaten Kayong Utara

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 15:23 WIB
pembuatan-skk-skktk-kini-bisa-dilakukan-di-kabupaten-kayong-utara
Asesmen/Sertifikasi pembuatan SKK/SKKTK di Kayong Utara (Sumber: Foto: Syarif Zean Alqadrie)
Penulis : KompasTV Pontianak

KAYONG UTARA, KOMPAS.TV - Kabupaten Kayong Utara, menggelar asesmen/sertifikasi untuk pertama kali, melalui aplikasi LSP Astekindo (TUK Sewaktu) pada 23 dan 24 Februari 2023.

Uji kompetensi tenaga terampil dilakukan selama dua hari di SMKN 1 Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Asesmen diikuti sebanyak 41 peserta atau ases dengan jabatan kerja manajer lapangan pelaksanaan pekerjaan gedung, pelaksana pemelihara jalan, pelaksana lapangan pekerjaan gedung, pelaksana lapangan pekerjaan saluran irigasi dan pelaksana lapangan pekerjaan jalan, serta personel keselamatan dan kesehatan kerja.

Asesmen/Sertifikasi pembuatan SKK/SKKTK di Kayong Utara (Sumber: Foto: Syarif Zean Alqadrie)

Proses asesmen menghadirkan asesor dari LSP Astekindo Kalbar yang telah memiliki sertifikat asesor BNSP. Tengku Indra Gunawan, mitra P3SM Kalbar wilayah Kabupaten Kayong Utara menyampaikan apresiasi pada ketua perwakilan P3SM Kalbar Erwinsyah yang memberikan kepercayaan penuh dalam gelaran pelatihan dan sertifikasi bagi tenaga ahli.

"Alhamdulillah, berterima kasih kepada Bapak Erwinsyah, S.ST, M.M yang telah memberikan kepercayaan penuh untuk melakukan kegiatan dalam bentuk pelatihan maupun sertifikasi tenaga terampil maupun tenaga ahli," ujar Tengku.

Baca Juga: Asesmen/Sertifikasi Perdana TUK Sewaktu P3SM di Kabupaten Ketapang

Keberadaan P3SM di Kabupaten Kayong Utara, turut diharapkan Indra membawa angin segar bagi masyarakat yang berkecimpung di jasa konstruksi dalam melaksanakan regulasi sesuai aturan yang berlaku.

"Saya berharap dengan adanya P3SM di Kabupaten Kayong Utara ini membawa angin segar masyarakat jasa konstruksi khusus nya pengguna jasa maupun penyedia jasa dalam melaksanakan regulasi pemerintah sesuai peraturan yang berlaku,” tambah Tengku Indra Gunawan.

Asesmen/Sertifikasi pembuatan SKK/SKKTK di Kayong Utara (Sumber: Foto: Syarif Zean Alqadrie)

Pelaksanaan sertifikasi turut dihadiri kepala bidang tata ruang dan jasa konstruksi Dinas Pekerjaan Umum, Nugroho, beserta stafnya. Nugroho menyampaikan dukungan proses asesmen sertifikasi uji kompetensi menggunakan aplikasi dan paperless.

Baca Juga: Sertifikasi SKK/SKKTK secara Digital Kabupaten Sintang

"Kami selaku mitra P3SM Kayong Utara mengajak masyarakat pembuatan SKK/SKKTK dan SBU di Sukadana dengan tujuan mempermudah mendapatkan sertifikat tersebut, tanpa harus keluar dari daerah Kayong Utara," ujar Nugroho.

Asesmen/Sertifikasi pembuatan SKK/SKKTK di Kayong Utara (Sumber: Foto: Syarif Zean Alqadrie)

"Untuk diketahui, P3SM menaungi lima LSp yang sudah beroperasi, di antaranya LSP Astekindo 228 skema, LSP Petakindo 90 skema, LSP Gataki 37 skema, LSP tenaga kerja konstruksi 30 skema, dan LPK P3S_M 22 skema. Sementara Sertifikasi Badan Usaha atau SBU di antaranya HJKI (Himpunan Jasa Knstruksi Indonesia) dan Perkonindo (Perkumpulan Jasa Konsultan Indonesia)" ujar Kabid tata ruang dan jasa konstruksi Dinas PU Kayong Utara itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x