Kompas TV regional berita daerah

Asesmen/Sertifikasi Perdana TUK Sewaktu P3SM di Kabupaten Ketapang

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 14:23 WIB
asesmen-sertifikasi-perdana-tuk-sewaktu-p3sm-di-kabupaten-ketapang
Asesmen Sertifikasi Perdana TUK Sewaktu (Sumber: Agung Sugama)
Penulis : KompasTV Pontianak

KETAPANG, KOMPAS.TV - Asesmen/sertifikasi melalui aplikasi LSP Astekindo (TUK Sewaktu) yang merupakan evaluasi sistem pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah digelar di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Asesmen ini pertama kali disampaikan pada publik, dan merupakan terobosan oleh bapak Suriansyah selaku mitra P3SM Ketapang.

Asesmen merupakan proses menentukan nilai kepada objek atau subjek berdasarkan kriteria tertentu. Asesmen dapat digunakan sebagai alat ukur dan diagnostik untuk mengetahui seberapa jauh hasil yang dicapai dalam proses kegiatan yang telah dilaksanakan.

Asesmen Sertifikasi Perdana TUK Sewaktu (Sumber: Agung Sugama)

Kegiatan dibuka oleh Eka Suriansyah, selaku Mitra P3SM Ketapang. Dalam sambutannya, Eka mengatakan dengan adanya tenaga ahli yang handal dan profesional yang mempunyai kompetensi serta memiliki pemahaman yang baik, tentunya akan menghasilkan mutu konstruksi baik dan terjaga kualitasnya. 

Adapun Tata cara penilaian yang digunakan, antara lain menggunakan tes tulis serta wawancara. Untuk tes tertulis, peserta akan diberikan soal. Sedangkan untuk tes wawancara, setiap peserta akan diuji oleh dua penguji. Nantinya para tenaga ahli tersebut diharapkan dapat memahami peran dan tanggung jawab dalam proses penjaminan mutu sebagai perpanjangan tangan penyedia jasa yang melaksanakan regulasi pemerintah, Ujar Eka Suriansyah.

Eka Menambahkan, kegiatan ini merupakan pertama kali yang dilakukan di lingkungan, khususnya Kabupaten Ketapang. Ia juga berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi motivasi untuk membuat terobosan baru untuk meningkatkan kompetensi pengawas, serta dilakukan secara menerus.

Asesmen Sertifikasi Perdana TUK Sewaktu (Sumber: Agung Sugama)

Erwinsyah S.ST. selaku Ketua Perwakilan P3SM Mandiri Provinsi Kaliamantan Barat Mengucapkan terima kasih dan Mengapresiasi yang setinggi-tingginya. Ia mengatakan pelaksanaan asesmen tenaga terampil untuk kebutuhan perusahaan yang saat ini sedang terlaksana di Ketapang dari tanggal 04-05 Februari 2023 akan berlanjut secara berkala. 

“Yang jelas, ini adalah assesment yang pertama dilaksanakan sebagai role model di lingkungan Kab. Ketapang. Dengan keberadaan dan kehadiran Asesmen di Ketapang, diharapkan dapat menambal kebutuhan yang belum diperoleh dari sistem yang ada sebelumnya. Dan menjadikan  indikator keberhasilan para peserta," Ungkapnya.

"Next, dengan adanya Mitra P3SM di daerah sangat membantu sekali. Bahkan, jadwal untuk minggu depanpun banyak yang sudah mendaftar untuk sertifikasi," tambahnya

Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi ini diselengarakan di Hotel Patra Ista Jl. Agoes Salim. No.38 A, Kabupaten Ketapang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x