Kompas TV regional gaya hidup

Menjadi Pemimpin dengan Seni Mendengarkan

Kompas.tv - 23 Februari 2023, 14:00 WIB
menjadi-pemimpin-dengan-seni-mendengarkan
Pemimpin yang baik harus mampu mendengarkan anggota timnya. (Sumber: Freepik/pressfoto)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam menjalankan sebuah perusahaan, diperlukan pemimpin untuk menciptakan lingkungan pekerjaan yang sehat dan positif. Hal tersebut akan memengaruhi produktivitas dan perkembangan perusahaan dan karyawan menjadi lebih baik.

Itu sebabnya, seorang pemimpin harus bersedia menjadi pendengar yang baik agar mampu memberikan pengaruh positif bagi karyawan dan dan perusahaan. Menjadi pendengar yang baik bukan hanya sekadar mendengarkan saja, melainkan juga harus mampu memahami dan memberikan umpan balik. 

Hal ini pun dibahas dalam siniar Obsesif bertajuk “Pemimpin Harus Menjadi Pendengar yang Baik” yang dapat diakses melalui tautan berikut dik.si/ObsesifS8EP6.

Dikutip dari Forbes, mendengarkan adalah tanggung jawab kepemimpinan yang secara otomatis perlu dilakukan oleh seorang pemimpin. Mereka yang menganut seni mendengarkan akan menjadi pemimpin yang lebih baik.

Hal ini tentunya bisa berdampak baik bagi perkembangan karyawan dan perusahaan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar pemimpin bisa menjadi pendengar yang baik.

Mendengarkan adalah Kunci Komunikasi

Pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu membangun keterampilan untuk mendengarkan. Keterampilan tersebut akan berguna untuk memecahkan masalah, membangun kepercayaan, dan memenangkan hati pikiran anggota tim.

Bahkan, Marshal Goldsmith dalam bukunya yang berjudul What Got You Here Won’t Get You There, mengatakan 80 persen kesuksesan ketika belajar dari orang lain bergantung pada kemampuan untuk mendengarkan.

Baca Juga: The Fed Naikkan Suku Bunga, Apa Dampaknya?

Dalam konteks ini, mendengarkan merupakan kunci terjalinnya komunikasi, membuat keputusan, dan memecahkan masalah. Itu sebabnya, setiap pemimpin menghabiskan separuh waktunya untuk berkomunikasi dan mendengarkan.

Mendengarkan dapat membangun hubungan positif antara pemimpin dan karyawannya. Selain itu, pemimpin harus bersikap objektif agar mampu menumbuhkan hubungan kerja dan mengembangkan perusahaan dengan lebih baik.

Mendengarkan dengan Empati

Tom Peters dalam bukunya Thriving on Chaos menyatakan bahwa pemimpin yang sukses selalu mendengarkan sungguh-sungguh apa yang disampaikan anggota timnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x