Kompas TV regional update

The Fed Naikkan Suku Bunga, Apa Dampaknya?

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 16:45 WIB
the-fed-naikkan-suku-bunga-apa-dampaknya
Keputusan The FED menaikkan suku bunga didasari oleh beberapa pertimbangan. (Sumber: Freepik)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve (The Fed) kembali menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin. Keputusan ini dibuat dalam Rapat Komite Pasar Terbuka (FOMC) pada 1 Februari 2023 atau Kamis (2/2/2023) dini hari waktu Indonesia.

Keputusan ini membuat suku bunga acuan The Fed naik ke kisaran 4,5–4,75 persen. Hal ini menunjukkan bahwa The Fed memperlambat laju kenaikan setelah menaikkan 50 basis poin pada Desember 2022 dan 75 basis poin pada empat pertemuan sebelumnya. 

Fenomena tersebut dijelaskan dalam siniar CUAN edisi SEKILAS CUAN episode “The Fed Kembali Naikkan Suku Bunga, Kali Ini Cuma 25 Bps” dengan tautan akses bit.ly/CUANTheFed.

Mengutip CNBC, Kenaikkan suku bunga adalah upaya The Fed untuk menekan lonjakan inflasi di Amerika Serikat (AS). Saat ini, The Fed meyakini bahwa inflasi sudah mulai mereda. Meski begitu, angkanya masih tergolong tinggi bahkan masih mendekati level tertinggi sejak awal 1980-an.

Pada Pertemuan Rapat Komite Pasar Terbuka (FOMC), pasar berharap adanya tanda-tanda The Fed segera mengakhiri tren kenaikan suku bunga. Sayangnya, hal itu tak kunjung terjadi.

The Fed tidak mengharapkan untuk memangkas suku bunga tahun ini. Hal ini sejalan dengan keinginan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) untuk mengembalikan inflasi di level 2 persen.

Pasar saham pun sempat bergejolak, bahkan Dow Jones Industrial Average pernah jatuh lebih dari 300 poin. Namun, pasar kembali memulih setelah Jerome Powell, Ketua Federal Reserve, mengatakan bahwa proses disinflasi dan tren inflasi masih tergolong lebih rendah daripada periode sebelumnya.

Baca Juga: Mengapa Banyak Orang Mudah Terjerat Investasi Bodong?

Hal ini menyebabkan investor fokus pada pernyataan Powell yang optimis untuk melawan inflasi. Namun, Powell menegaskan masih terlalu dini.

Apa yang Terjadi Saat The Fed Menaikkan Suku Bunga?

Dikutip dari Forbes, misi The Fed adalah menjaga agar ekonomi Amerika Serikat (AS) tetap berjalan dan stabil. 

Ketika ekonomi berkembang pesat, distorsi, seperti inflasi, dapat lepas kendali. Hal tersebut tentunya akan mengancam stabilitas ekonomi. Saat itulah The Fed menaikkan suku bunga untuk membantu mendinginkan ekonomi dan menjaga pertumbuhan tetap pada jalurnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.