Kompas TV regional berita daerah

Pemprov Papua Barat Daya Dapat Dana Bagi Hasil Migas Rp 600 Miliar

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 18:10 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Pemerintah provinsi papua barat daya mengalokasikan 20 persen dari 600 miliar dana bagi hasil minyak gas dan bumi, untuk pembiayaan lima program diantaranya pendidikan/ kesehatan, infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Pemerintah papua barat daya mendapatkan dana bagi hasil minyak bumi dan gas alam senilai rp 600 miliar. Dana tersebut dibagikan kepada lima kabupaten dan satu kota.  Kabupaten penghasil minyak dan gas mendapatkan dana senilai Rp 300 miliar, sedangkan kabupaten penyangga masing-masing mendapatkan 56 miliar.

Ada juga program prioritas yang menjadi perhatian pemerintah seperti pendidikan dokter dan spesialis, menekan angka stunting melalui jaminan 1000 hari kehidupan/ jaminan hari tua, dan  pemberdayaan ekonomi melalui pemberian kredit tanpa bunga, karena bunga pinjaman akan ditanggung oleh pemerintah provinsi.

Sementara itu salah satu kabupaten dengan wilayah yang sangat luas di papua barat daya, merasa anggaran tersebut belum mencukupi, melainkan akan dimaksimalkan khusus untuk 5 program yang diarahkan pemprov papua barat daya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x