Kompas TV regional berita daerah

Dapil Pemilu 2024 di Jember Bertambah Menjadi 7 Wilayah

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 15:13 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Jumlah daerah pemilihan pemilu 2024 serentak di Kabupaten Jember Jawa Timur terjadi perubahan dari 6 daerah pemilihan menjadi 7 daerah pemilihan.

Hal itu ditegaskan oleh bagian divisi teknis KPU Kabupaten Jember, Achmad Susanto, pada kamis (9/2/2023). Menurut Susanto, perubahan itu berdasarkan peraturan komisi pemilihan umum nomor 6 tahun 2023 tentang daerah pemilihan.

Perubahan didasarkan pada keterwakilan suara rakyat, wakil rakyat di daerah, pertimbangan masyarakat, masukan partai politik dan luasan wilayah. 7 daerah pemilihan itu memiliki alokasi 50 kursi DPRD Jember.

Dengan perubahan dapil, sejumlah partai akan melakukan perubahan dan menyiapkan strategi baru dalam mencari suara atau dukungan. Seperti yang disampaikan oleh calon legislatif petahana dari Gerindra, yakni Achmad Halim dan bakal calon legislatif baru dari PDIP Perjuangan, Indhi Naidha.

Baca Juga: Politikus DPR Minta KPU Atur Penetapan Dapil Tak Berdasarkan Putusan MK

KPU Jember terus berkoordinasi dengan partai politik dan mensosialisasikan perubahan tersebut agar tercapainya pemilu yang sukses.

 

#pemilu2024 #kpujember #pemiluserentak #dprdjember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x