Kompas TV regional berita daerah

Cegah Konflik Lahan, BPN Maros Gelar Kegiatan Gemapatas

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 15:53 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAROS, KOMPAS.TV - Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) kabupaten Maros Sulawesi Selatan ikut mencanangkan kegiatan gerakan masyarakat pemasangan tanda batas atau GEMAPATAS. Kegiatan diharapkan bisa mencegah konflik batas sengketa lahan baik pemerintah dan masyarakat.

Pemasangan patok tanda batas lahan milik warga ini berlangsung di dua desa yakni desa Batu Putih dan Bentenge kecamatan Mallawa  kabupaten Maros. Kegiatan dengan tagline pasang patok anti cekcok anti caplok ini sengaja di selenggarakan untuk meringankan pemilik lahan mengingat wilayah ini berjauhan dengan kantor BPN kabupaten Maros.

Pemasangan patok tanda batas ini juga diharapkan mampu meminimalisir konflik sengketa lahan baik pemerintah dengan masyarakat maupun masyarakat dengan masyarakat.

Mewakili warga desa Batu Putih berterimah kasih kehadiran BPN Maros dengan program PTSL mudah-mudahan adanya program ini lahan bersengketa bisa selesai  belum lagi jarak ke mallawa ke maros itu 60 km.

Dulu sulit mengurus lahan adanya program ini memudahkan dan memperjelas patok lahan  lokasi juga jauh dari bpn.

Gerakan patok ini  kini dikenal gerakan masyarakat pemasangan tanda batas  alias gemapatas . Langkah ini sebagai upaya dalam mengakselerasi program pendaftaran tanah sistematis lengkap . Kegiatan ini diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah indonesia   dan tercatat sebagai rekor muri.

Tujuannya untuk tidak adalagi sengkjeta batas  kalau mereka ada cekcok silahkan selesaikan dengan  baik. Target kami untuk kegiatan persertifikatan melalui program ptsl tahun 2023 itui ada 1359 di dua desa. Tidak ada patok batas sering terjadi cekcok  harapannya menghilangkan konflik dari sengketa batas.

Memang akan banyak memunculkan sengketa kalau memang batas batas ini tidak jelas adanya gemapatas tentu membantu di dalam penyelesaian permasalahan di lapangan pada pemilik lahan yang belum jelas.

Untuk di wilayah bpn maros   pihaknya menargetkan persertifikatan melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap atau p-t-s-l tahun 2023 diatrgetkan mencapai 1.359 meliputi dua desa.

#bpnmaros

#konfliklahan

#atrbpn



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x