Kompas TV regional berita daerah

Gubernur Bali Rayakan Hari Arak Di Bali

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 09:29 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Hari Arak Bali dirayakan untuk mengangkat nilai dan harkat Arak Bali dari minuman yang dilarang diperdagangkan, menjadi minuman yang sah diproduksi Bali serta dapat diperdagangkan di seluruh wilayah dalam dan luar negeri.

Selain itu peringatan Hari Arak Bali bertujuan untuk melindungi dan memelihara Arak Bali sebagai warisan budaya tak benda, yang dapat dimanfaatkan untuk ekonomi rakyat.

Saat ini di Bali ada 10 koperasi yang mengelola produk Arak Bali dan 32 merk yang mendapat izin badan POM dan pita cukai. Tenaga kerja sebanyak 1.486 KK dan 4.458 orang, jumlah produksi Arak Bali pun telah meningkat sebanyak 40,1 juta liter per tahun.

Pada perayaan ini Gubernur Bali Wayan Koster menghimbau seluruh masyarakat memanfaatkan Arak Bali untuk kepentingan yang semestinya, dan tidak berlebihan hingga mabuk.

Tahun depan peringatakan Hari Arak Bali diharapkan dapat  diselenggarakan melalui festival dengan acara yang lebih bervariasi dan kreatif, serta lebih banyak melibatkan para pemangku kepentingan dan masyarakat luas.

 

 

 

 

 

 

 

 

#hariarakbali  #pemprovbali   #wayankoster



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x