Kompas TV regional berita daerah

Harga Ikan Air Laut Naik, Imbas Cuaca Buruk

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 19:17 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini berimbas pada pasokan dan harga ikan laut. Selama sepekan terakhir, harga ikan laut di pasaran melonjak akibat pasokan yang menipis.

Di Pasar Besar Kota Malang, kenaikan harga terjadi pada semua jenis ikan laut. Selain naik, beberapa stok ikan laut juga kosong.

Kenaikan harga berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu perkilogram. Maria Ulfa, salah satu pedagang ikan segar menyebut, kondisi cuaca buruk dan angin kencang yang terjadi akhir akhir ini membuat harga ikan laut naik drastis.

Ia menyontohkan, ikan tengiri yang biasanya Rp 70 ribu kini melonjak menjadi Rp 80 ribu sampai Rp 85 ribu per kilogram. Ikan kembung yang biasanya Rp 30 ribu kini naik menjadi Rp 45 ribu. 

Namun kenaikan yang paling tinggi terjadi pada ikan jenis kakap merah, dari harga 55 ribu naik menjadi Rp 75 ribu per kilogram. Selain mahal, pasokan ikan juga menipis, bahkan untuk beberapa jenis ikan laut tidak ada pengiriman. 

"Kenaikan sejak mau tahun baru karena angin kencang ini naik semua, pasokannya juga sedikit," Katanya. 

Kenaikan harga ikan laut ini menurut pedagang biasa terjadi saat cuaca buruk. Sebagai gantinya, sebagian masyarakat beralih membeli ikan air tawar seperti gurami atau nila yang harganya masih terjangkau. 

#hargaikanlaut #cuacaburuk



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x