Kompas TV regional berita daerah

Migrasi TV Digital, Diskominfo Klta Malang Belum Terima STB Gratis Dari Pusat

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 19:11 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV- Migrasi siaran TV analog ke digital telah dimulai di beberapa daerah di Indonesia. Di Kota Malang sendiri migrasi siaran digital diperkirakan akan dilakukan di bulan Januari ini. 

Dinas kominfo Kota Malang telah mengajukan hampir 3.000 warga yang berhak menerima pembagian Set Top Box gratis dari Pemerintah. Data penerima Set Top Box (STB) gratis ini sudah dilakukan oleh Diskominfo Kota Malang beberapa waktu yang lalu. 

Data penerima STB ini menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial atau (DTKS)

Menurut kepala Diskominfo, Nur Widianto pemberian bantuan STB sepenuhnya dilakukan oleh Pemerintah pusat. Sedangkan Diskominfo hanya mengajukan data penerima saja. 

Namun hingga saat ini, Diskominfo sendiri belum bisa memastikan kapan STB gratis dari Pemerintah pusat akan didistribusikan.

Di Kota Malang, migrasi siaran analog ke digital ini akan berlangsung pada Minggu ketiga bulan Januari. Kepala diskominfo ini juga mengimbau kepada masyarakat yang akan membeli STB, agar memilih STB yang kompatibel.

"Tindak lanjut dari data yang kita kirimkan ke pusat, feedbacknya seperti apa kita juga belum memiliki gambaran, pusat hanya memberikan link. Masyarakat bisa mengecek distribusi STB," terang Kadiskominfo. 

Secara resmi Pemerintah telah memulai peralihan siaran TV analog ke digital secara bertahap. Untuk bisa mendapatkan siaran digital, TV yang belum mendukung siaran digital harus menggunakan perangkat Set Top Box yang harganya berkisar 200 ribuan.

#migrasitvdigital #stbgratis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x