Kompas TV regional berita daerah

BMKG Maritim Paotere Keluarkan Peringatan Dini banjir Rob Dan Gelombang Tinggi

Kompas.tv - 27 Desember 2022, 15:06 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Badan meteorologi klimatologi dan geofosika stasiun meteorologi maritim Paotere Makassar mengeluarkan peringatan dini terkait banjir rob dan gelombang tinggi di Sulawesi Selatan.

Peringatan banjir rob berlaku mulai hari ini 23 desember hingga minggu 25 desember mendatang. Menurut BMKG maritim Paotere peringatan dini banjir rob ini lantaran adanya aktivitas pasang air laut maksimum yang disertai kondisi gelombang tinggi yang di picu adanya pusat tekanan rendah di Utara Australia sehingga berpotensi memicu terjadinya banjir pesisir atau rob.

Adapun daerah pesisir yang berpotensi alami banjir rob masing-masing pesisir kabupaten Pinrang, kota Parepare, pesisir kabupaten Barru, pesisir kabupaten Pangkajene dan kepulauan, pesisir kabupaten Maros, pesisir kota Makassar dan pesisir kabupaten Takalar.

Kondisi ini secara umum dianggap dapat berpengaruh kepada aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Masyarakat di himbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut yang disertai gelombang tinggi .

Sementara itu untuk hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat, wilayah Sulawesi Selatan bagian tengah dan wilayah Sulawesi Selatan bagian selatan. Serta potensi angin kencang di pesisir barat dan selatan Sulawesi Selatan.


#BMKGmaritim
#paotere
#ombaktinggi



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x