Kompas TV regional peristiwa

Siap Terima Wisatawan, Jalan Malioboro Tak Ditutup Saat Nataru

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 13:46 WIB
siap-terima-wisatawan-jalan-malioboro-tak-ditutup-saat-nataru
Ilustrasi Jalan Malioboro, salah satu kawasan wisata di Kota Yogyakarta, DIY. Tahun 2022, Kota Yogyakarta membuat Kalender Wisata yang terdiri dari 12 acara unggulan (13/12/2021). (Sumber: Pinterest)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Jalan Malioboro, Kota Yogyakarata, DI Yogyakarta dipastikan tetap dibuka saat malam pergantian tahun. Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengungkapkan keputusan itu sesuai dengan koordinasi yang telah dilakukan pihaknya.

"Tidak (penutupan jalan), kita sudah koordinasi kemarin tetap berjalan dan mengalir," jelasnya, Kamis (22/12/2022) dikutip dari Kompas.com.


 

Pemerintah Kota Yogyakarta juga tak akan menggelar acara khusus di Jalan Malioboro terkait pergantian tahun. Hal ini sesuai dengan amanat dari Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuono X.

"Tidak ada even di sana (Malioboro)," lanjutnya.

Baca Juga: Kemenkes: Puskesmas dan RS di Jalur Mudik Nataru Harus Siaga 24 Jam

Sumadi mengatakan pihaknya juga telah melakukan simulasi untuk mengurai kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 di Jalan Malioboro. Pasalnya jalan tersebut jadi satu destinasi favorit para wisatawan saat momen Nataru.

"Semua komponen sudah antisipasi itu (kemacetan), tempat-tempat wisata sudah dilakukan simulasi," kata dia.

Kepala Kepolisian Resor Kota Yogyakarta Kombes Idham Mahdi mengungkapkan pihaknya akan membuat tiga titik pos pengamanan di lokasi yang bakal dipadati wisatawan.

Pos pengamanan nantinya ada di Tugu Yogyakarta, dekat Abu Bakar Ali, dan Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Wisatawan di Yogyakarta, Pemkab Bantul Gelar Rapat Koordinasi Jelang Nataru 2023

"Untuk total pasukan yang disiapkan operasi Nataru 352 personel, tetapi untuk pengamanan Natal dan tahun baru ada 547 personel. Jadi personel untuk pergantian tahun ada 900-an personel," ujar dia.

Idham mengimbau agar masyarakat melakukan parkir di tempat yang telah disediakan oleh Pemkot Yogyakarta.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x