Kompas TV nasional peristiwa

Kemenkes: Puskesmas dan RS di Jalur Mudik Nataru Harus Siaga 24 Jam

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 10:29 WIB
kemenkes-puskesmas-dan-rs-di-jalur-mudik-nataru-harus-siaga-24-jam
Foto ilustrasi pos kesehatan Kemenkes. Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes Yanti Herman mengatakan, sejumlah fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) telah disiagakan di seluruh jalur mudik saat Nataru.
(Sumber: Kompas.com )
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan tenaga kesehatan di seluruh Puskesmas, Rumah Sakit, dan Public Safety Center selama periode Natal dan Tahun Baru atau Nataru.

Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes Yanti Herman mengatakan, sejumlah fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) telah disiagakan di seluruh jalur mudik saat Nataru.

Total ada sekitar 14.641 sarana kesehatan, terdiri dari 901 Pos Kesehatan, 10.321 Puskesmas, 3.117 RS, 51 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 251 PSC 119.

PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan. Sebagai contoh bila ada masyarakat yang menghubungi 119, maka call center akan menanyakan dimana lokasi kejadian berada dan akan mengarahkan ambulans dari Puskesmas, pos kesehatan, rumah sakit pemerintah yang paling dekat dengan lokasi kejadian.

"Untuk Puskesmas, RS, dan PSC 119 yang berada di jalur utama mudik wajib mempersiapkan SDM dan pelayanan nya selama 24 jam," kata Yanti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga: Libur Nataru 21,5 Juta Kendaraan Padati Jateng

"Sehingga sangat perlu mempertimbangkan pemilahan dan triase yang baik agar meminimalisir potensi merebaknya masalah-masalah kesehatan (kecelakaan, pemudik sakit, dll) dengan menentukan rumah sakit rujukan yang paling dekat dengan wilayah-wilayah yang rawan kecelakaan atau jarak yang dekat dari pos kesehatan," sambungnya.

Kemudian, Pos Kesehatan juga disiapkan di pintu Pintu Exit Tol, Di Jalur Tol Operasional (Rest Area) Pos Kesehatan Di Jalur Non Tol, Pos Kesehatan Di Jalur Penyeberangan, Pos Kesehatan Di Bandara, Tempat ibadah yang ramai dikunjungi masyarakat, dan Tempat Wisata.

"Selain menyiapkan sarana Kesehatan tersebut juga disiapkan pelayanan vaksinasi khususnya vaksinasi booster, baik di beberapa pos Kesehatan dan puskesmas," ujar Yanti.


 

Pada libur Natal tahun 2022 dan tahun baru 2023, diperkirakan akan terjadi lonjakan mobilisasi masyarakat sebesar 16,35 persen dari jumlah penduduk Indonesia. 

Atau sebanyak 44,17 juta orang dan diprediksi terjadi pergerakan masyarakat dari wilayah Jabodetabek mencapai 16,5 persen atau sekitar 7,1 juta orang.

Baca Juga: Catat! Ini Jenis Kendaraan yang Dilarang Masuk Tol Selama Nataru dan Jadwalnya

Dengan tingkat mobilisasi masyarakat yang cukup tinggi tersebut, dikhawatirkan akan berpotensi terjadinya peningkatan kasus Covid-19, dan kasus lainnya seperti kecelakaan dan kasus akut penyakit lain.

Diperlukan kesiapsiagaan sektor kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit Covid-19, pemberian pelayanan kesehatan lain selama mobilisasi masyarakat menghadapi liburan Nataru

"Meliputi pengobatan penyakit sehari-hari, penyakit akibat perjalanan, tindakan kesehatan pada kecelakaan lalu lintas, serta melakukan surveilans kesehatan untuk mengantisipasi potensi adanya kejadian luar biasa," tuturnya. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x