Kompas TV regional berita daerah

Harga Sayuran Naik Dua Kali Lipat

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 11:12 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seperti di Pasar Peterongan Kota Semarang ini. Menurut para pedagang, sejumlah sayuran mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Salah seorang pedagang bernama Siti Kastipah, mengatakan, sejumlah sayur yang mengalami kenaikan antara lain yakni cabai rawit hijau yang sudah tembus tujuh puluh ribu rupiah per kilogram, dari normal kisaran lima puluh ribu rupiah per kilogram. Sedangkan tomat naik dari kisaran sepuluh ribu rupiah per kilogram, kini menjadi dua puluh empat ribu rupiah per kilogram.

 

Sementara brokoli kini langka di pasaran. Sedangkan kembang kol naik dari dua puluh ribu menjadi tiga puluh lima ribu rupiah per kilogram. Pedagang lain bernama Istirokah, mengatakan, sejumlah sayuran yang mengalami lonjakan antara lain yakni brokoli yang tembus empat puluh ribu rupiah per kilogram, padahal sebelumnya pada kisaran dua puluh ribu rupiah per kilogram. Kenaikan serupa terjadi pada tomat, dari harga normal kisaran delapan hingga sepuluh ribu rupiah, kini mencapai dua puluh ribu rupiah per kilogram.

 

Para pedagang memperkirakan kenaikan harga sejumlah sayuran ini karena menjelang natal dan tahun baru. Selain itu, mereka juga memperkirakan karena panen yang tak maksimal para petani akibat hujan yang masih sering terjadi.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x