Kompas TV regional berita daerah

Arkeolog Temukan Struktur Permukiman Kuno Zaman Majapahit

Kompas.tv - 14 November 2022, 17:06 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Tim Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur ini, melakukan ekskavasi temuan struktur batu bata kuno, di tepi sungai Brantas, kecamatan Srengat, kabupaten Blitar. Dengan peralatan lengkap, tim arkeolog mulai melakukan pembersihan dan penelitian, mengenai struktur batu bata kuno tersebut.

Hasilnya, BPCB Jawa Timur menduga struktur batu bata kuno itu merupakan bangunan permukiman kuno abad ke 14. Sejumlah benda cagar budaya yang ditemukan, juga memperkuat bahwa lokasi tersebut merupakan permukiman kuno peninggalan kerajaan Majapahit.

Sementara itu, struktur batu bata kuno yang ditemukan di lokasi oleh tim arkeolog, merupakan bagian dasar lantai, dan fondasi. Dimana, karakteristik fondasi bangunan abad ke 14 adalah tersusun secara bertingkat.

Selain batu bata kuno, tim arkeolog juga menemukan mata uang yang biasa digunakan untuk transaksi pada zaman kerajaan Majapahit. Tim arkeolog menduga lokasi di sepanjang tepi sungai Brantas itu, ada beberapa titik permukiman kuno abad ke 14.

#blitar #sejarah #majapahit #kerajaan #arkeolog #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x