Kompas TV regional berita daerah

3 Tuntutan Warga Wadas Untuk Ganjar Pranowo

Kompas.tv - 11 November 2022, 17:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PURWOREJO, KOMPAS.TV - Rombongan Komisi III DPR RI kembali mengunjungi warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Dalam dialog yang digelar di balai Desa Wadas, warga menitipkan tiga tuntutan untuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Salah satu warga, Fuad Rofiq, mengatakan sejumlah warga dulunya menolak Tambang Quarry di desanya. Namun, setelah berdiskusi dengan warga lainnya akhirnya mereka menerima tambang dengan sejumlah syarat.

Tuntutan yang pertama adalah penambangan harus berhenti saat konstruksi bendungan bener selesai. Tuntutan yang kedua yakni warga meminta lahan pasca tambang dikelola oleh warga sepenuhnya. Warga sudah menyiapkan badan usaha untuk mengelola lahan pasca tambang tersebut. Tuntutan yang ketiga warga meminta kepada Ganjar Pranowo untuk membangun Desa Wadas dari segala aspek, baik sosial, ekonomi, pembangunan dan yang lainnya.

"Ada tiga tuntutan utama kita. Jadi, pemerintah kan mau menambang dari 41 juta meter kubik, ini mau ditambang 15 juta meter kubik, kotornya. Ya harus sesuai kapasitas itu saja," ujar Fuad.

Sementara itu, Desmond Junaidi Mahesa, ketua rombongan Komisi III DPR RI mengatakan, akan menyerap aspirasi warga Wadas untuk disampaikan ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Apa saja yang terjadi pada hari ini akan kita selami pada saat rapat besok," ungkap Desmond.

Kedatangan Komisi III DPR RI ini dalam rangka kunjungan kerja spesifik. Selain itu, juga untuk meninjau kembali rekomendasi saat kunjungan pertama kali ke wadas pada Februari lalu.

#desmondjunaidimahesa #ganjarpranowo #wadas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x