Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Jember Berhasil Menekan Inflasi Hingga Terima DID 10 Miliar, Ini Strateginya (2)

Kompas.tv - 5 November 2022, 11:54 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur berhasil menekan laju inflasi dari 1,37 menjadi 0,03 persen pada Mei ke Agustus 2022. Keberhasilan itu membuat Pemkab Jember mendapatkan DID atau dana insentif daerah sebesar 10,36 miliar dari kementerian keuangan.

Keberhasilan itu tak lepas dari strategi yang diterapkan oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto. Dalam talkshow di program SAPA JEMBER KompasTV Jember, pada Sabtu (5/11/2022), Hendy Siswanto mengaku menerapkan strategi ekonomi kerakyatan, yakni menggalakkan kegiatan atau event yang melibatkan pelaku UMKM dan dapat mendatangkan keramaian.

Kegiatan semacam itu mulai digalakkan sejak kasus covid-19 melandai, seperti Pasar Santri Ramadhan pada 24 April 2022. Kegiatan itu digelar di Alun-alun Jember yang melibatkan seluruh koperasi pondok pesantren dan pelaku UMKM.

“Saat itu saya konsultasi ke Luhut Binsar Panjaitan, yang menjadi Koordinator PPKM Jawa-Bali dan diizinkan untuk menggelar Pasar Santri Ramadhan, karena Jember level 2 dan menuju level 1. Pada acara itu, seluruh produk UMKM ludes terjual atau sold out,” ujar Hendy Siswanto.

Baca Juga: Pasar Santri Ramadan Tingkatkan Ekonomi Kreatif Pondok Pesantren

Pemkab Jember juga gencar membagikan bantuan kepada masyarakat, baik yang terdampak pandemi maupun yang terdampak kenaikan harga BBM. Bantuan diberikan melalui kegiatan J-HUR atau Jember Hadir Untuk Rakyat.

“Bantuan yang dibagikan berasal dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemkab Jember sendiri. Dengan bantuan sosial atau bantuan tunai langsung, maka dapat meningkatkan daya beli masyarakat. Bantuan merupakan stimulus agar ekonomi masyarakat tetap berjalan,” jawab Hendy Siswanto kepada Angga Wisudawan, yang memandu acara talkshow tersebut.

Selanjutnya, Pemkab Jember akan terus mempertahankan deflasi dengan konsep ekonomi kerakyatan agar ekonomi terus tumbuh pesat. Konsep ekonomi kerakyatan didorong dengan menggalakkan kegiatan di ruang terbuka, salah satunya ruang terbuka hijau. Kegiatan itu digelar dengan melibatkan pelaku umkm dan ekonomi kreatif.    

Untuk mengetahui lebih detail terkait strategi Pemkab Jember menekan inflasi, saksikan langsung videonya di channel youtube KompasTV Jember.

 

#Inflasi #Pandemi #DanaInsentifDaerah #PemkabJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x