Kompas TV regional berita daerah

Bupati Hendy Permudah Akses Petani Jember dengan JIT dan JUT

Kompas.tv - 2 November 2022, 19:06 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Bupati Jember Jawa Timur, Hendy Siswanto memantau jaringan irigasi tersier (JIT) di Desa Jambearum, Kecamatan Puger, pada Selasa (1/11/2022) siang. Hadir dalam pemantauan tersebut, Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Hortikultura Jember, Imam Sudarmaji serta jajaran Muspika Puger.

“JIT ini dibuat agar saluran air mampu beroperasi dengan baik sehingga bisa mengairi sekitar 60 hektare sawah di Jambearum,” papar Hendy Siswanto. Dengan produksi air yang cukup, diharapkan mampu membuat produksinya meningkat.

Kepada jajaran pemerintah Desa Jambearum, Bupati Hendy menjelaskan bahwa JIT itu bisa dimanfaatkan untuk hal lain. “Bukan hanya untuk mengairi sawah, tetapi juga bisa digunakan untuk refreshing,” terangnya, yakni untuk memelihara ikan koi atau lele. Dengan begitu, juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi warga sekitar.

“Tak hanya JIT, kami juga membuat JUT alias jalan usaha tani. JUT bertujuan untuk akses para petani dalam mendistribusikan pupuk maupun hasil panen,” ujar Hendy. Jadi, petani yang memiliki sawah yang jauh dari jalan, bisa dijangkau dengan menggunakan JUT. 

“Kami sudah mulai cicil, tercatat ada 7 titik dengan panjang beragam,” ungkapnya. Ada yang sepanjang 900 meter dan 300 meter, tergantung kebutuhan. 

Baca Juga: DPU Bina Marga Tekan Sedimen Sungai Bedadung untuk Memperlancar Saluran Irigasi

Selain itu, pihaknya terus berupaya agar pabrik pupuk organik bisa segera terealisasi tahun depan. Dengan demikian, bisa mengentaskan permasalahan kekurangan ketersediaan pupuk di Kabupaten Jember.

 

#petani #saluranirigasitersier #jalanusahatani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x