Kompas TV regional berita daerah

UMKM Bali Jadi Salah Satu Vendor Souvenir Delegasi G20

Kompas.tv - 27 Oktober 2022, 15:09 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Melalui proses yang cukup panjang, Ethneeq, salah satu UMKM di Bali, terpilih menjadi salah satu vendor suvenir untuk delegasi G20. Bersaing dengan 600 UMKM se-Indonesia tidaklah mudah.

Penggunaan bahan ramah lingkungan yang dikombinasikan dengan kain khas Indonesia, membuat brand Ethneeq, terpilih menjadi salah satu official marchandise untuk G20. Meski berbahan karung, beragam jenis tas dari brand Ethneeq ini tetap terlihat cantik dan elegan.

5 Dari 10 produk tas Ethneeq dipilih menjadi sovenir untuk para delegasi. Owner Ethneeq, Dian Susanti menyebut, perhelatan G20 menjadi berkah tersendiri di tengah banyaknya persaingan UMKM di Bali dan Indonesia saat ini.

Puluhan juta rupiah sudah ia raup  dari pemesanan produk di salah satu kegiatan rangkaian KTT G20 yang digelar beberapa waktu lalu. Selain sovenir untuk G20, pesanan ternyata juga datang dari hotel, resort, serta event organizer untuk sovenir.

Pemasaran produk Ethneeq ini salah satunya melalui aplikasi belanja daring, dan sudah dijual hingga ke luar negeri. Namun sumber daya manusia dan ketersediaan barang menjadi salah satu kendala untuk dapat memproduksi dalam jumlah besar dan diekspor ke luar negeri.

 

 

 

 

 

 

#souvenir  #g20   #ethneeq



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x