Kompas TV regional berita daerah

Kerajinan Vandel Wayang Sukoharjo Jadi Suvenir Resmi KTT G20

Kompas.tv - 21 September 2022, 13:16 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Agus Suryono seorang perajin asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, sedang disibukkan untuk menyelesaikan pesanan vandel berbentuk wayang. Vandel berbentuk wayang tersebut akan  dijadikan suvenir dalam acara internasional Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali pada November 2022 mendatang. Sebelum terpilih menjadi suvenir resmi untuk acara internasional, Agus Suryono sang perajin harus mendaftar dan bersaing dengan ribuan UMKM lainnya dari seluruh Indonesia.

tak disangka, ia bisa menjadi satu dari 20 umkm kerajinan yang berhasil terpilih menjadi perajin official marchandise ktt g20. pesanan yang datang diminta langsung oleh Kementerian Koperasi dan UMKM melalui smesco. Agus diminta untuk membuat suvenir vandel dengan bentuk-bentuk wayang sebanyak 100 buah.

"Salah satu pengisi merchandise G20. Ternyata yang mendaftar itu sudah sekitar 1.200-an. Saya coba dan ternyata dari 1.200 itu diumumkan ada 20 UMKM yang lolos sebagai official merchandise G20, salah satunya Suryoart," kata Agus.

Kerajinan yang dibuat oleh Agus ini merupakan kerajinan yang dibuat oleh tangan, yang bertempat di rumahnya. Agus memang sudah lama yakni sejak 2011 menjadi perajin yang kerap membuat suvenir wayang dengan berbagai bahan. Mulai dari kulit, kayu dan logam.

Untuk harga kreasinya ini bervariasi, yakni mulai dari Rp 5.000 hingga jutaan rupiah tergantung ukuran dan bahan. Sementara untuk produk yang terpilih menjadi suvenir resmi KTT G20, Agus menyiapkan dua vandel wayang yakni berbahan logam dengan bingkai kayu dan vandel wayang berbahan kayu, serta tempat pena yang dilengkapi dengan gunungan wayang. Produk yang dikirimkan untuk suvenir KTT G20 di Bali ini dibanderol dengan harga Rp 150.000 hingga Rp 200.000.

#kttg20 #bali #vandelwayang

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x