Kompas TV regional berita daerah

Anjing Ras Bali (Kintamani) Kian Diminati

Kompas.tv - 20 September 2022, 13:43 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BANGLI< KOMPAS TV - Sejak resmi diakuinya ajing Kintamani sebagai anjing ras asli Indonesia oleh Federation Cynologique Internasionale pada tahun 2019 lalu, permintaan anjinng yang populasinya ada di daerah kecamatan Kintamani,  Kabupaten Bangli, Bali, ini kian ramai dan memiliki nilai ekonomis.

Kondisi ini memembuat permintaan ajing Kintamani di pemulia biakan anjing Kintamani kian meingkat. Bahkan peternak kewalahan melayani pesanan. Dimana peningkatan permintaan terjadi mulai merebaknya pandemi Covid-19. Yang sebelumnya perbulan hanya lima hingga delapan ekor, sekarang belasan hingga puluhan ekor anakan anjing. Dimana pesanan anjing tidak hanya datang dari pulau Bali semata, namun juga dari daerah luar pulau Bali hingga mancanegara.

Sementara harga anakan anjing Kintamani usia 4 - 5 bulan berkisaran 1,5 juta hingga 5 juta rupiah, tergantung kualitas dan trah anjing kintamani. Dimana anjing yang memiliki kualitas bagus yakni memiliki telinga yang berdiri, tubuh tegak, dahi rata, memiliki bulu lebih panjang di bagian ekor dan dada, dengan warna putih, hitam, angrek, dan coklat.

Namun sayang ditengah ramainya permintaan anjing Kintamani ini, peternak mengaku kesulitan dalam peroses pengiriman keluar Bali, karena harus melewati persyaratan yang cukup panjang.

 

 

 

 

 

 

#anjingkintamani  #anjingrasbali   #kintamani



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x