Kompas TV regional berita daerah

TKI Disekap di Kamboja, Ganjar: Tidak Ada Penganiayaan

Kompas.tv - 1 Agustus 2022, 10:28 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 54 tenaga kerja Indonesia (TKI) diduga adisekap di Kamboja. Mendengar kabar tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo langsung merespon cepat. Untuk memastikan kondisi para TKI, Ganjar melakukan pengecekan langsung dengan melakukan video call.

Ganjar meyakinkan kondisi 54 TKI tersebut dalam keadaan baik. Hanya saja, terdapat satu TKI yang sedang sakit. Dari video call tersebut Ganjar menegaskan, tidak ada penganiayaan terhadap TKI, wajah mereka terlihat biasa dan tidak ada memar.

"Saya sudah konfirmasi ke sana, sebenarnya tidak dalam sekapan. Saya lihat wajahnya tidak ada yang nyonyor-nyonyor (memar) gitu tidak ada. Ada yang sakit tapi masih bekerja dan sebagainya, itulah yang saya minta untuk di akses," jelas Ganjar.

Ganjar menegaskan, pihaknya sudah meminta Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jawa Tengah untuk proaktif dan mengecek langsung kondisi para TKI tersebut, termasuk Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) setempat untuk menghubungkan dengan perusahaan terkait. TKI harus segera ditolong agar bisa kembali ke Indonesia. Ganjar meminta agar masyarakat yang ingin kerja ke luar negeri untuk ikuti prosedur yang resmi agar kejadian ini tidak terulang.

#tki #kamboja #ganjarpranowo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x