Kompas TV regional berita daerah

Ngaben Massal Gunakan Lembu Raksasa

Kompas.tv - 1 Agustus 2022, 09:14 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Sarana lembu raksasa yang digunakan dalam  ngaben  massal yang  diselenggarakan oleh Pasemetonan Para Gotra Sentana Dalem Tarukan (PGSDT) Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali ini  berukuran  tidak biasa.  Bahkan sarana lembu setinggi 10 meter dan panjang 6,5 meter ini digadang-gadang sebagai lembu terbesar yang pernah digunakan dalam pengabenan massal di Bali.

Menurut Ketua Umum Pitra Yadnya yang juga Ketua Umum PGSDT Kabupaten Karangasem, Wayan Sutariana, penggunaan lembu raksasa ini dikarenakan peserta ngaben masal yang mencapai  150 lebih, sehingga lembu tersebut diharapkan mampu menampung sarana upakara keseluruhan peserta.

Seperti diketahui, Pasemetonan Para Gotra Sentana Dalem Tarukan (PGSDT) Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali, Jumat (29/7) Siang Menggelar Upacara Ngaben Massal Sawa Prateka di  Setra Desa Adat  Angantelu,  Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem.  Upacara pitra yadnya ini diikuti oleh 10 dadia yang berasal dari 4 desa masing masing Desa Gegelan, Desa Antiga, Desa Ulakan, dan Desa Manggis. Upacaranya sendiri dipuput oleh 4 orang sulinggih siwa buda.

 

 

 

 

 

#ngabenmassal #lemburaksasa #sentanadalemtarukan




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x