Kompas TV internasional kompas dunia

WHO Tegaskan Data Kementerian Kesehatan Gaza Valid, Beda dengan Publikasi PBB karena Identifikasi

Kompas.tv - 14 Mei 2024, 21:08 WIB
who-tegaskan-data-kementerian-kesehatan-gaza-valid-beda-dengan-publikasi-pbb-karena-identifikasi
Anggota keluarga Abu Draz membopong jenazah kerabat mereka yang terbunuh pengeboman Israel di Rafah, Jalur Gaza, Kamis (4/4/2024). (Sumber: Fatima Shbair/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

JENEWA, KOMPAS.TV - Juru bicara Badan Kesehatan Dunia (WHO), Christian Lindmeier menegaskan, data Kementerian kesehatan Palestina di Gaza valid.

Hal tersebut disampaikan Lindmeier usai sejumlah pihak meragukan validitas data tersebut.

Sejumlah pihak meragukan data kementerian yang dikelola Hamas itu usai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mempublikasikan data bahwa hampir 25.000 korban jiwa di Gaza teridentifikasi, sedangkan Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan lebih dari 35.000 terbunuh.

Baca Juga: Palestina Peringati 76 Tahun Nakba di Tengah Pembantaian di Gaza

Lindmeier menjelaskan, angka 25.000 yang dipublikasikan PBB adalah jenazah yang sudah diidentifikasi.

Sedangkan lebih dari 10.000 lain belum bisa diidentifikasi sepenuhnya.

"Fakta bahwa kita sekarang mengetahui ada 25.000 orang yang teridentifikasi adalah langkah maju," kata Lindmeier dikutip Al Jazeera, Selasa (14/5/2024).

Sebelumnya, juru bicara PBB, Farhan Haq juga telah menegaskan, data PBB tidak berbeda dengan Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza.

Haq menegaskan angka yang dipublikasikan PBB adalah jenazah yang "teridentifikasi sepenuhnya."

Ada sekitar 10.000 lebih jenazah yang belum bisa diidentifikasi sepenuhnya, juga detail dari mereka, yang mana anak-anak, yang mana perempuan. Itu akan ditegakkan lagi usai proses identifikasi penuh selesai," kata Haq.

Per Selasa (14/5), menurut data terkini Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, Israel telah membunuh setidaknya 35.173 orang di Jalur Gaza, lebih dari setengahnya adalah perempuan dan anak-anak.

Lebih dari 79.061 orang juga terluka di Jalur Gaza. Sementara 10.000 orang lebih dinyatakan hilang, berkemungkinan tertimbun reruntuhan.

Baca Juga: Serangan Israel Runtuhkan Gedung di Kamp Pengungsi Gaza, 100 Orang Terkubur



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x