Kompas TV regional berita daerah

Pameran Keris dan Cara Membuatnya, Ada Keris Buatan Abad 13

Kompas.tv - 30 Juli 2022, 10:19 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PONOROGO, KOMPAS.TV - Sejumlah empu muda menggelar pameran dan pembuatan keris di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Beberapa empu perempuan juga ikut meramaikan dengan mengikir dan menghias keris. Beberapa keris langka berusia ratusan tahun ditampilkan dalam pameran tersebut, salah satunya ada yang buatan abad ke 13.

Sejumlah empu muda dari Jawa Tengah memperagakan pembuatan keris dalam pameran yang digelar di pendopo Kabupaten Ponorogo. Empu laki-laki bertugas menempa besi untuk diolah menjadi keris, sedangkan empu perempuan mengikir dan menghias sebilah keris agar terlihat indah.

Para empu juga memamerkan sejumlah bahan pembuatan keris, seperti pasir besi dan nikel, yang siap ditempa menjadi pipihan keris. Para empu muda senang menggeluti dunia keris, karena kecintaan terhadap warisan budaya asli Indonesia.

Baca Juga: Suvenir G20 Bali Pusaka Keris Buatan Empu dari Desa Aeng Tong-tong Sumenep

Selain pembuatan keris, pengunjung juga bisa melihat ratusan bilah keris dari nusantara dan berbagai belahan negara. Selain nilai historisnya, keris yang dipamerkan juga spesial, karena diproduksi pada abad 13 hingga 18.

Pengunjung juga bisa berburu keris dengan harga bervariasi mulai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Pameran keris itu bagian dari kegiatan grebeg suro Ponorogo untuk menyambut tahun baru hijriyah.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x