Kompas TV regional berita daerah

Evakuasi Sapi Bunting Terperosok ke Dalam Septic Tank

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 11:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.TV - Petugas BPBD dan Pemadam Kebakaran (damkar) Gunungkidul, Yogyakarta, mengevakuasi seekor sapi yang terperosok ke dalam sumur resapan limbah atau septic tank. Sapi milik Marso Suwito, warga Padukuhan Polaman, Kelurahan Pampang, Kapanewon Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, diketahui terperosok dalam septic tank sedalam empat meter. Relawan beserta warga setempat juga ikut dalam evakuasi sapi.

Proses evakuasi sapi berjenis kelamin betina yang sedang hamil berlangsung dramatis. Sapi dengan kondisi yang lemas hanya terlihat pasrah saat petugas berupaya mengeluarkannya dari septic tank. Kondisi sumur yang sempit dan ukuran sapi cukup besar, sempat menjadi kendala dalam proses evakuasi.

Insiden sapi malang terperosok ke dalam sumur resapan ini terjadi saat ternak tersebut hendak dikeluarkan dari kandangnya. Saat bersamaan, sapi tersebut terlepas dan kemudian berlari ke pekarangan tetangga, yang berjarak kurang lebih 20 meter. Di lokasi tersebut, sapi menginjak sumur resapan hingga ambles, dan sapi tersebut terperosok.

"Sapinya ditaruh di luar kandang, kemudian karena tidak bisa mengendalikan, sapi itu masuk ke saluran pembuangan air kotor," jelas Ngadiyono, Kasubag TU UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul.

Proses evakuasi sapi ini berlangsung selama satu jam. Dengan ditarik menggunakan bantuan mobil petugas, sapi seberat 600 kilogram kondisinya terpantau sehat. Namun, sapi hanya lemas dan mengalami luka lecet di beberapa bagian tubuhnya.

#damkar #evakuasisapi #gunungkidul



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x