Kompas TV regional peristiwa

Seorang Haji Positif Covid-19, Kini Debarkasi Solo Terapkan Swab Antigen Bagi Seluruh Jemaah

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 07:18 WIB
seorang-haji-positif-covid-19-kini-debarkasi-solo-terapkan-swab-antigen-bagi-seluruh-jemaah
Ilustrasi. Seorang haji asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang pulang dari tanah suci dinyatakan positif Covid-19. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

BOYOLALI, KOMPAS.TV — Seorang haji asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang pulang dari tanah suci dinyatakan positif Covid-19 usai mengikuti tes acak di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Diketahui, jemaah haji itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) tiga dan telah tiba di Debarkasi Solo pada 17 Juli 2022.

Satu jemaah yang dinyatakan positif tanpa gejala itu, kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin, sudah ditangani oleh tim kesehatan kabupaten setempat.

"Sudah dikomunikasi dengan tim kesehatan daerah. Baru diumumkan karena baru selesai proses observasi tes PCR dan hasilnya positif," kata Sarip kepada wartawan, Kamis (21/7/2022) malam.

Baca Juga: Waktu Tunggu Haji Malaysia Sampai 141 Tahun, Indonesia Dinilai Lebih Beruntung

Ia mengatakan, saat ini seluruh jemaah yang datang di Debarkasi Solo wajib melakukan swab Antigen sebagaimana instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sarip juga menyebut bahwa kebijakan itu bahkan berlaku di seluruh debarkasi di Indonesia.

Adapun jika ada haji yang dinyatakan positif Covid-19, maka akan segera dikomunikasikan ke tim kesehatan di daerah agar menjalani karantina.

"Ini imbauan dari menkes secara langsung bahwa seluruh embarkasi melakukan tes swab antigen secara keseluruhan," ujarnya.

Sementara itu, hingga saat ini jumlah jemaah haji yang tiba di Tanah Air melalui Debarkasi Solo sudah ada 9 kloter dengan jumlah 3.234 orang.

Sarip juga menyampaikan untuk jumlah jemaah haji yang meninggal dunia baik pada saat pemberangkatan maupun pemulangan hingga Kamis (21/7/2022) tercatat ada sebanyak 14 orang.

Para jemaah yang meninggal dunia ini semuanya telah dimakamkan di Mekkah.

"Jemaah haji kita yang wafat sampai saat ini 14 orang. Terakhir dari kloter delapan asal Kudus. Penyebab wafatnya karena digestive desease dan sudah dimakamkan di Sharae Mekkah," pungkasnya.

Baca Juga: Imbas Belasan Jemaah Haji Positif Covid-19 Tiba di Tanah Air, Kemenag Lakukan Hal Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x