Kompas TV nasional agama

Imbas Belasan Jemaah Haji Positif Covid-19 Tiba di Tanah Air, Kemenag Lakukan Hal Ini

Kompas.tv - 21 Juli 2022, 18:36 WIB
imbas-belasan-jemaah-haji-positif-covid-19-tiba-di-tanah-air-kemenag-lakukan-hal-ini
Jemaah haji Indonesia yang hendak pulang ke Indonesia pada hari ini Jumat 15 Juli 2022. Imbas Covid, Kemenag lakukan hal ini kepada jemaah yang akan pulang ke tanah air (Sumber: ANTARA/Desi Purnamawati)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Deni Muliya

MAKKAH, KOMPAS.TV - Imbas dari belasan jemaah haji positif Covid-19 ketika tiba di tanah air, Kementerian Agama (Kemenag) kembali melakukan imbauan agar jemaah haji untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan, termasuk soal asupan makanan.  

Hal itu diutarakan Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Akhmad Fauzin, yang menyebut, imbuan ini terutama bagi mereka yang akan segera pulang ke tanah air. 

Ia juga berharap, para jemaah haji Indonesia yang saat ini masih berada di tanah suci agar dapat memperhatikan asupan makanan.

Selain itu, Kemenag juga mengingatkan agar para jemaah haji tetap memakai masker selama di tanah suci, termasuk saat pulang ke tanah air. 

"Pemerintah mengimbau kepada seluruh jemaah haji Indonesia, terutama yang akan segera kembali ke Tanah Air agar lebih memperhatikan lagi aspek kesehatan," ucapnya di Arab Saudi dalam konferensi pers yang diikuti KOMPAS.TV dari Youtube Kemenag, Kamis (21/7/2022).

Ia pun menyebut, Kemenag tak henti-hentinya untuk mengingatkana para jemaah haji untuk mencukupkan istirahat dan makan tepat waktu.

"Mengingatkan Jemaah haji tidak memaksakan diri melakukan aktivitas yang berlebih, tetap memakai masker dengan benar dan sering-sering mencuci tangan," sambungnya.

Baca Juga: Kemenkes Laporkan 14 Jemaah Haji yang Tiba di Indonesia Positif Covid-19


Kebijakan Berubah

Ia menyebut, pemerintah mengubah kebijakan untuk melaksanakan tes antigen kepada seluruh jemaah dari sebelumnya hanya 10 persen jemaah di setiap kloter.

Menurut Akhmad, cara itu ditempuh dalam rangka memaksimalkan pengawasan dan mengoptimalkan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 terhadap jemaah haji yang kembali ke Tanah Air.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x