Kompas TV regional berita daerah

Jaga Kerukunan, 11 Perguruan Silat Rutin Latihan Bersama

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 11:06 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - 11 perguruan silat di Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar latihan bersama jurus IPSI seminggu sekali. Kegiatan itu untuk melestarikan warisan bela diri leluhur sekaligus menjaga kerukunan dan memperkuat persaudaraan sesama pesilat.

Tak ada sekat diantara pesilat dari sebelas perguruan silat yang ada di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Mereka berbaur menjadi satu, penuh keakraban dan kekeluargaan. Mereka berdiskusi dan tukar pikiran terkait gerakan jurus IPSI atau Ikatan Pencak Silat Indonesia.

Mereka berlatih bersama mulai dari gerakan dasar penghormatan hingga teknik menyerang dan bertahan. Masing-masing perguruan silat memperagakan gerakan jurus IPSI dengan teknik dan karakter masing-masing. Mereka juga berlatih beradu fisik dan jurus dalam satu arena.

Baca Juga: Pertandingan Silat Ricuh, Tim Atlet Banting Meja Juri

Ketua Ranting PSHT Kecamatan Sumbersari, Ida Efendi mengatakan bahwa latihan bersama itu rutin digelar setiap minggu sekali untuk menjaga kerukunan dan persaudaraan sesama pesilat di Jember. Dengan latihan bersama, maka kesalahpahaman yang terjadi dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan.

11 perguruan silat yang bergabung ada Persaudaraan Setia Hati Terate, Persaudaraan Setia Hati Winongo, Tapak Suci, Persinas ASAD, Ikatan Kera Sakti Putra Indonesia, Merpati Putih, Pagar Nusa, Pencak Organisasi, Budi Suci Melati, Cempaka Putih Dan Perisai Diri.

 

#PerguruanSilat #KerukunanAntarPesilat #Pesilat #LatihanBersama #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x