Kompas TV regional hukum

Bechi Anak Kiai Jombang Akhirnya Ditangkap, Polisi Sebut Banyak Ruang Rahasia di Ponpes Shiddiqiyyah

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 01:03 WIB
bechi-anak-kiai-jombang-akhirnya-ditangkap-polisi-sebut-banyak-ruang-rahasia-di-ponpes-shiddiqiyyah
Aparat kepolisian mengepung Pondok Pesantren (Ponpes) Shiddiqiyyah Ploso, Jombang, Jawa Timur, Kamis (7/6/2022) dalam upaya menjemput paksa DPO tersangka pencabulan santriwati di tempat itu. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JOMBANG, KOMPAS.TV - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengungkapkan, banyak ruang rahasia di kawasan Pondok Pesantren Shiddiqiyah Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Dirmanto mengatakan, banyaknya ruang rahasia di ponpes itu ditemukan aparat Polda Jatim ketika mencari MSAT alias Bechi, tersangka pencabulan terhadap santriwati.

Baca Juga: KPAI Ajak Masyarakat Bantu Polisi Tangkap Tersangka Pencabulan Santriwati di Jombang

"Banyak sekali ruangan di sana yang kosong, yang tersembunyi banyak, sehingga kami terus menggeledah ruangan itu," kata Dirmanto menuturkan proses pencarian tersangka Bechi di Jombang, Kamis (7/7/2022).

Ia pun sempat meminta kepada pihak keluarga untuk membantu polisi dalam kasus ini. Caranya, menyerahkan tersangka MSAT kepada pihak kepolisian. 

Ayah MSAT kepada polisi juga sempat berjanji menyerahkan tersangka ke Polda Jatim pada Kamis (7/7). 

Baca Juga: Minta Polisi Tidak Ragu Tangkap Pelaku Pencabulan Santriwati di Jombang, KPAI: Demi Keadilan Korban

Menurut Dirmanto, pihaknya pun sudah berupaya untuk humanis dalam penegakan hukum terhadap yang bersangkutan.

Proses penegakan hukum kasus itu juga sudah cukup lama. Polisi sudah melewati dua kali praperadilan, P-19 tiga kali, termasuk empat kali koordinasi dengan kejaksaan.

"Saya imbau ke keluarga tersangka untuk kooperatif bantu kami. Sekali lagi, kami imbau pihak dari MSAT bantu kami," kata dia.


Pada Jumat (8/7) dini hari, Bechi dilaporkan menyerahkan diri ke pihak kepolisian. Hal itu diungkapkan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta.

“Pada hari ini, sejak jam 8 pagi, kami tetap mengedepankan komunikasi dengan pihak orang tua, karena beliau orang yang kami hormati. Dan akhirnya, pada hari ini, yang bersangkutan menyerahkan diri kepada kami,” kata Nico, di Jombang, Jumat (8/7/2022) dini hari.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x