Kompas TV nasional hukum

KPAI Ajak Masyarakat Bantu Polisi Tangkap Tersangka Pencabulan Santriwati di Jombang

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 00:21 WIB
kpai-ajak-masyarakat-bantu-polisi-tangkap-tersangka-pencabulan-santriwati-di-jombang
KPAI menyebut upaya polisi menangkap tersangka kasus dugaan pencabulan di Jombang, Jawa Timur, yang beberapa kali gagal diyakini membuat korban dan keluarganya makin tertekan. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengajak masyarakat untuk memberikan informasi terkait keberadaan Moch Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi (42), tersangka pencabulan santriwati di Jombang, Jawa Timur.

Komisioner KPAI Retno Listyarti menjelaskan, ajakan untuk memberi informasi pelaku ini untuk membantu kepolisian dalam menuntaskan kasus dugaan pencabulan yang dilakukan tersangka.

Retno menyebut kasus ini sudah bergulir sejak 2019. Namun, proses perjalanan kasus terbilang sangat panjang dan lambat lantaran tersangka selalu menghindar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Baca Juga: Kementerian Agama Bekukan Izin Operasional Ponpes Shiddiqiyyah Jombang

Tersangka juga sudah sudah dua kali kalah dalam proses praperadilan. Baik praperadilan di Pengadilan Negeri Surabaya maupun Pengadilan Negeri Jombang. 

"Ini perlu kita dukung bersama, karena pelaku kekerasan seksual, apalagi di lingkungan pendidikan ini harus ditangkap. Kalau tidak, maka korban lain akan jatuh," ujar Retno, Kamis (7/7/2022).

Kepolisian telah menetapkan tersangka Moch Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi dalam daftar pencarian orang (DPO).

Menurut Retno, wajah dan ciri-ciri tersangka yang sudah ditetapkan DPO bisa menjadi petunjuk bagi masyarakat untuk memberi informasi kepada polisi terkait keberadaan Mas Bechi.

Baca Juga: Minta Polisi Tidak Ragu Tangkap Pelaku Pencabulan Santriwati di Jombang, KPAI: Demi Keadilan Korban

"Oleh karena itu, mari kita dukung bersama penangkapan ini dan jika memang yang bersangkutan (DPO) sudah disebar. Kita bantu polisi jika kita melihat, kita hubungin polisi agar segera ditangkap," ujar Retno. 

Seperti diberitakan Kompas.tv sebelumnya, sekitar seribu personel kepolisian diterjunkan ke Pondok Pesantren Majma'al Bahrain Shiddiqiyyah, Jombang, Jawa Timur, Kamis pagi (7/7). Mereka disiagakan untuk menjemput paksa tersangka Mas Bechi.

Baca Juga: Polisi Gagal Tangkap Tersangka Pencabulan Santriwati, KPAI: Korban Merasa Semakin Tertekan

Namun, upaya penjemputan paksa polisi itu gagal karena sempat dihalangi oleh para simpatisan tersangka. 

Dilaporkan, tak kurang dari 320 orang simpatisan Ponpes Shiddiqiyah diamankan lantaran menghalangi upaya penangkapan Moch Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi.
 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x