Kompas TV regional berita daerah

Kampung Pancasila, Jaga Kerukunan di tengah Perbedaan

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 14:28 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Walikota banjar, dandim 0613 ciamis dan danyon armed 5105, meresmikam kampung pancasila di dusun sukamulya, desa sukamuktikecamatan patarumankota banjar. Keberadaan kampung pancasila, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dalam rangka menjaga tegaknya NKRI dan menangkal faham radikalisme.

Dusun sukamulyadesa sukamuktikecamatan patarumankota banjar, senin 30 mei diresmikan menjadi kampung pancasila oleh walikota banjarade uus sukaesih.

Perkampungan yang dihuni oleh penduduk 87 kepala keluarga ini, memilki berbagai macam agama tetapi sangat rukun dan damai,  warganya memiliki semangat gotong royong sangat tinggi.

Selain itumasyarakatnya kompak dan sangat peduli terhadap lingkungan, terbukti dinding tembok menuju kampung tersebut terdapat karya lukisan mural beberapa pahlawan dan para pejuang bangsa.

Hal inimembuat siswa-siswi dan guru sekolah dasar menjadi senang dan banggakarena mereka bisa belajar untuk mengenal nama pahlawan,yang telah gugur membela dan meraih kemerdekaan indonesia.

Berbagai kegiatan lainnya juga sering di gelar dikampung yang mayoritas petani ini, seperti pengobatan gratis,lomba melukis burung garuda, hingga memberi hadiah kepada warga dan siswa-siswa sd yang hafal membaca pancasila.

Walikota banjar ade uu sukasesih mengatakanpembangunan kampung pancasila meluas ke seluruh desa, kelurahan di kota banjardan diharapkan menjadi percontohan di semua kecamatan.

Sebelum diresmikan kampung pancasilasebanyak 450 prajurit yon armed 5105 tarik melakukan latihan selama 10 haridi wilayah kota banjar, dan kabupaten ciamis, perbatasan antara jawa barat dengan jawa tengah.

Para satgas perbatasan juga telah melakukan inovasi dengan membuat pupuk bioshydran, dan kincir air pembangkit listrik, kendaraan taktis dan beberapa inovasi teknologi lainnya, hingga berlatih cara menangani prajurit dan warga yang sakit, tujuannya kehadiran satgas perbatasanbisa memberikan manfaat dan membantu masyarakat setempat.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah . IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

 Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x