Kompas TV regional peristiwa

Asrama Haji Donohudan Siap Sambut 15.477 Calon Jemaah Haji dari Jateng dan DIY

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 13:10 WIB
asrama-haji-donohudan-siap-sambut-15-477-calon-jemaah-haji-dari-jateng-dan-diy
Asrama Haji Donohudan siap sambut 15.477 calon jemaah haji keberangkatan Tahun 2022. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

BOYOLALI, KOMPAS.TV — Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, pada tahun 2022 akan menerima sebanyak 15.477 calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci.

Kepala Unit Pengelolaan Asrama Donohudan, Bambang Sumanto mengatakan jumlah tersebut terdiri dari 13.776 calon haji asal Jawa Tengah dan 1.701 dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Alhamdulillah untuk tahun 2022 ini Jawa Tengah dan DIY berjumlah 15.477 calon jemaah yang terbagi untuk jateng 13.776 selebihnya dari Yogyakarta," kata Bambang kepada wartawan, Senin (30/5/2022).

Terkait hal itu, pihaknya memastikan bahwa Asrama Haji Donohudan telah siap dan sudah selesai menerima pengecekan dari kantor kesehatan pelabuhan dan juga tim dari dinas kesehatan provinsi terkait sanitasi.

Ia menyebut kini persiapan sudah hampir selesai dan mencapai lebih dari 85 persen.

Baca Juga: Operasional Haji Membengkak Rp 1,46 Triliun, Ini Penjelasan Komnas Haji dan Umrah

"Alhamdulillah ini untuk persiapan sudah hampir selesai, sudah 85 persen lebih, baik sarana prasarana maupun sanitasi sudah kita siapkan," ujar Bambang.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, nantinya para calon jemaah haji akan menempati  kamar tidur yang ada di lantai 1 Gedung Makkah dengan total kapasitas bed mencapai 1.050.

Sedangkan, lantai 2 dan 3 akan digunakan sebagai ruang istirahat bagi petugas jemaah haji atau satgas haji.

“Nanti lantai 2 dan 3 Gedung Madinah kami siapkan untuk petugas dari haji atau satgas haji,” lanjutnya.

Dia mengatakan, para jemaah akan tiba secara bergantian selama 29 hari di Asrama Haji Donohudan. Adapun kedatangannya akan dimulai dari 3 Mei 2022.

Ia menerangkan, nantinya para calon haji akan menginap semalam untuk kemudian diberangkatkan menuju Jeddah, Arab Saudi pada esok harinya.

“Jemaah mulai masuk tanggal 3 Juni, berangkat 4 Juni. Pas tanggal 3 itu ada 2 kloter yang masuk. Setiap kloternya ada 360 jemaah,” ungkapnya.

Secara total akan ada 43 kloter. Pada 14 hari pertama ada 2 kloter setiap harinya, sedangkan pada 15 hari terakhir ada 1 kloter setiap harinya.

Untuk diketahui, Asrama Haji Donohudan memiliki dua gedung, yakni Mekah dan Madinah. Tahun ini, pihaknya akan mengaktifkan satu gedung saja, yakni Mekah. Sebab, Gedung Madinah hingga saat ini, kata Bambang masih digunakan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Baca Juga: Arti Mimpi Naik Haji dan Ibadah di Tanah Suci, Simak Penjelasan Ulama



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x