Kompas TV regional update

Ini Rute Baru KRL Lintas Bogor dan Bekasi yang Berlaku Mulai Hari Ini, Unduh Jadwalnya di Sini

Kompas.tv - 28 Mei 2022, 06:59 WIB
ini-rute-baru-krl-lintas-bogor-dan-bekasi-yang-berlaku-mulai-hari-ini-unduh-jadwalnya-di-sini
KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai. (Sumber: Dok. KAI Commuter )
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mulai hari ini, Sabtu (28/5/2022), rute perjalanan kereta rel listrik (KRL) Commuterline mengalami perubahan pada lintas Bogor/Depok dan Cikarang/Bekasi.

Perubahan rute ini terjadi seiring rencana pelaksanaan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai, yang akan menjadi stasiun sentral.

KRL Lintas Bogor/Depok

Menurut Vice President (VP) Corporate Communication Secretary KAI Commuter Anne Purba, dalam pelaksanaan SO ke-5 tersebut, KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor, Depok, dan Nambo menuju Jakarta Kota melalui Stasiun Manggarai.

"Seluruh perjalanan KRL pada lintas tersebut akan dilayani di peron jalur 10, 11, 12, dan 13 Stasiun Manggarai," ujar Anne.

Sedangkan rute KRL Commuterline yang menuju Stasiun Tanah Abang, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Kampung Bandan, dihapus.

Baca Juga: Stasiun Gambir Akan Khusus Layani KRL, KA Jarak Jauh Hanya Sampai Manggarai

"Para pengguna yang akan menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jatinegara, dan Stasiun Bekasi dapat melakukan transit di Stasiun Manggarai dan menunggu keberangkatan KRL di peron jalur 6 atau 7," ucap Anne.

Adapun untuk Lintas Rangkasbitung, Lintas Tangerang dan KA Bandara Soetta, tidak ada perubahan rute.

Dia menambahkan, nantinya jumlah perjalanan KRL lintas Bogor/Depok/Nambo menjadi 406 per hari. Hal itu untuk mendukung pola operasi tersebut.

Selain itu, kecepatan laju maksimal kereta juga bertambah, dari 70 km per jam, menjadi 90 km per jam dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Jakarta Kota, dengan jarak waktu antara rata-rata lima menit.

"Sementara kecepatan perjalanan dari Bogor menuju Manggarai masih tetap 70 km per jam dengan headway perjalanan rata-rata lima menit," ujarnya.

KRL Lintas Cikarang/Bekasi



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x