Kompas TV regional berita daerah

Meriah, Tradisi Pesta Lomban di Jepara Diikuti Ratusan Kapal Nelayan

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 13:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

JEPARA, KOMPAS.TV - Pesta lomban di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kembali digelar secara meriah dan semarak tahun ini, setelah pada tahun sebelumnya hanya dilakukan secara sederhana akibat pandemi. Ribuan nelayan dan warga di Desa Ujung Batu, Jepara, Senin (9/5/2022) pagi, menggelar trasisi pesta lomban, dengan melarung kepala kerbau ke tengah lautan, dengan menaiki ratusan kapal nelayan. Mereka mengiringi kapal motor pembawa kepala kerbau yang akan dilarung di tengah lautan.

Petugas gabungan diterjukan guna mengamankan jalannya larung sesaji, untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan laut. Setelah tiba di tengah laut, sesaji pun dilarung dan para nelayan pun langsung berenang berebut sesaji.

Larung kepala kerbau ini merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang yang dikenal dengan istilah pesta lomban syawalan. Tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan atas keselamatan dan hasil laut yang telah diberikan.

"Merayakan pesta lomba ini merupakan suatu bentuk perwujudtan rasa syukur warga masyarakat. Khususnya nelayan dalam menjalani kehidupannya sebagai nelayan ini, diwujudkan rasa syukurnya seminggu setelah Idul Fitri," kata Dian Kristiandi, Bupati Jepara.

Sebelum dilarung, sesaji berupa hasil bumi dan potongan kepala kerbau yang diletakkan dalam replika kapal, dan dihias dengan janur, didoakan telebih dahulu di pelabuhan, selanjutnya di bawa menuju kapal motor nelayan.

#jepara #pestalomba #bupatijepara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x