Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Syawalan Bagikan Getuk Lindri Sepanjang 350 Meter

Kompas.tv - 10 Mei 2022, 15:53 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sejak pagi ratusan warga berkumpul di gang sembilan Desa Ambokembang, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Mereka berasal dari warga desa sekitar yang akan mengikuti acara grebeg syawalan dengan membagikan 350 meter getuk lindri, secara gratis kepada warga yang hadir. Getuk lindri terbuat dari singkong yang diolah dan dipadukan dengan gula jawa dan kelapa. Hingga rasanya gurih dan lezat. Proses pembuatan gethuk terpanjang di dunia ini secara swadaya dengan melibatkan 100 warga dalam waktu 24 jam.

 

Setelah didoakan oleh tokoh agama setempat, getuk lindri ini diperebutkan warga yang mengantri sejak pagi. Warga senang mendapatkan getuk lindri yang diharapkan nya ini. Namun sebagian warga juga mengaku tak kebagian karena terlambat.

 

Grebeg syawalan ini sebagai wujud syukur dan sarana untuk mempererat persatuan dan kerukunan antar warga. Dipilih menu getuk lindri diharapkan masyarakat untuk ikut peduli dapat ketahanan pangan dengan memanfaatkan singkong sebagai pengganti beras.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x