Kompas TV regional jawa barat

Rosmini, Pengemis yang Marah dan Paksa Orang Sedekah akan Dirawat di Panti ODGJ

Kompas.tv - 2 Mei 2024, 11:09 WIB
rosmini-pengemis-yang-marah-dan-paksa-orang-sedekah-akan-dirawat-di-panti-odgj
Rosmini (tengah), ibu-ibu pengemis yang kerap memaksa warga untuk bersedekah diamankan Satpol PP Kota Bogor, Minggu (28/4/2024). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

BOGOR, KOMPAS.TV - Rosmini (55), ibu-ibu pengemis yang viral di media sosial karena marah-marah dan paksa orang sedekah kini masih dalam penanganan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor, Jawa Barat.

Kepala Dinsos Kota Bogor Dani Rahadian mengatakan bahwa pihaknya berencana merawat Rosmini ke panti orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) wilayah Bandung apabila tidak ada keluarga yang merawat.

“Hari Kamis pihak provinsi akan membahas untuk dilakukan perawatan di panti ODGJ jika keluarga tidak sanggup mengurus,” kata Dani, Rabu (1/5/2024).

Baca Juga: Kata Tetangga Soal Rosmini Ibu-Ibu Pengemis yang Viral, Terkenal Temperamental, Punya 3 Anak

Ia menjelaskan bahwa pihaknya masih menelusuri keluarga Rosmini di luar kota. Diketahui, KTP Rosmini menunjukkan bahwa perempuan itu beralamat di Kabupaten Bandung.

Namun setelah ditelusuri, Rosmini sudah pindah sejak 10 tahun yang lalu. Selain itu, menurut informasi yang diterima, ia berasal dari Palembang.

Untuk saat ini, Rosmini dirawat oleh Dinsos Kota Bogor dan menjalani observasi di Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi (RSJMM).

“Untuk keluarga ada di luar kota sedang didalami. Saat ini pihak RSJMM akan merawat sekitar 18 hari kerja sampai pasien pulih kembali,” jelas Dani.

Soal keluarga Rosmini sebelumnya disebutkan oleh staf Dinsos Kabupaten Bandung, Adang Herdiania, yang mengatakan bahwa Rosmini memiliki adik di Solo, Jawa Tengah.

Menurut Adang, sang adik berencana menjemput Rosmini yang kini berada dalam penanganan Dinsos Kota Bogor.

"Jadi di Kabupaten Bandung itu sudah tidak ada siapa-siapa, kita juga dapat informasi kalau ada keluarganya di Solo dan mau dijemput. Jadi punya keluarga juga di Lampung, kemudian dia (Rosmini) kelahiran Palembang," ujar Adang, Senin (29/4/2024).


Baca Juga: Viral Karena Minta Paksa Sedekah, Satpol PP dan Dinsos Bogor Amankan Pengemis Rosmini

Diberitakan sebelumnya, Satpol PP Kota Bogor dan Dinas Sosial Pemkot Bogor mengamankan Rosmini usai perempuan itu membuat resah warga sekitar, Minggu (28/4/2024).

Rosmini viral di media sosial lantaran kerap memaksa warga bersedekah. Beredar sejumlah video yang menunjukkan Rosmini berdebat dengan warga.

Perempuan itu juga berpindah dari kota ke kota. Ia sempat mengemis di wilayah Sukabumi dan Cianjur sampai akhirnya diamankan di Kota Bogor.

 

 




Sumber : Kompas.com/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x