Kompas TV regional berita daerah

Menikmati Suasana Negeri Cina di Kelenteng Sam Poo Kong

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 12:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Inilah tempat wisata yang bisa menjadi alternatif pilihan saat berlibur ke Kota Semarang yakni Kelenteng Sam Poo Kong yang penuh sejarah dan menawarkan suasana ala negeri Cina. Kelenteng Sam Poo Kong terletak di Jalan Simongan, Kelurahan Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Dari awal masuk ke kelenteng, dominasi warna merah dan emas pada sebagian bangunan sama dengan yang biasa dijumpai saat berkunjung ke kelenteng di negeri Cina. Yang menjadi ikon dari Kelenteng Sam Poo Kong ini adalah patung Laksamana Cheng Ho yang berdiri kokoh di area pelataran Kelenteng Sam Poo Kong dengan tinggi mencapai 12 meter lebih.

Kelenteng Sam Poo Kong terbagi atas tiga bangunan utama, 1 kelenteng besar dan 2 tempat sembahyang yang lebih kecil. Aroma hio pun tercium pekat dan menyengat hidung, menambah suasana religius makin kental terasa.

Mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong ini serasa seperti berkunjung ke negeri tirai bambu, karena suasana budaya cina di area kelenteng sangat kental terasa.

"Menarik, ternyata di Jawa Tengah juga pernah ada wilayah Chinese disini" ujar Ray, pengunjung. 

Beberapa bangunan di Kelenteng Sam Poo Kong ini merupakan tempat ibadah pemeluk Tri Dharma atau kelompok tiga agama yang terdiri dari Taoisme, Buddhisme dan Konfusianisme. Untuk itu pengunjung diharap untuk tetap menjaga sikap dan ketertiban untuk menghormati umat yang sedang beribadah.

#kelentengsampookong #tempatwisata #laksamanachengho



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x